Dokumentasi SLiMS
Berdasar SLiMS-5 ditulis dengan LyX 1.6.5, dikonversi ke html dengan eLyXer
(MERANTI)
figure image/tarsius.png

Menggunakan piranti lunak free open source/free software itu ibarat kita mengutip pernyataan dari karya orang lain dalam bidang akademik, si penulis asli ga minta apa-apa kok, minta duit juga engga, cuman minta nama dan karya dia disebutin dengan baik dan benar, udah segitu doang engga susah kan? (Arie Nugraha, Core Programmer SLiMS)
Update di Senayan5 (MERANTI):
Catatan Penting:
File sysconfig.local.inc.php, merupakan file yang berfungsi sama konfigurasi sama dengan sysconfig.inc.php. Namun demikian, untuk perubahan di local, disarankan mengubah file sysconfig.local.inc.php saja. Logikanya, jika ada dua konfigurasi sama di kedua file tersebut, maka yang akan dibaca oleh aplikasi SLiMS adalah sysconfig.local.inc.php.
Misal:
Maka yang akan digunakan oleh Aplikasi SLiMS adalah konfigurasi yang bernilai true.

0.50.1 Tentang SLiMS:

Sebagai bentuk penghargaan dan kebanggaan terhadap Indonesia, mulai Senayan3-stable14, rilis SLiMS menggunakan nama flora yang tumbuh di Nusantara. Senayan3-Stable14 menggunakan codename Seulanga, Senayan3-Stable15 menggunakan codename Matoa. Informasi lengkap rilis tiap versi ada di http://slims.web.id/web/?q=node/1. Jika anda ingin mengetahui sejarah pengembangan SLiMS, silakan buka:
http://id.wikipedia.org/wiki/Senayan_%28perangkat_lunak%29
Setelah Senayan3-Stable15, SLiMS langsung melompat ke SLiMS-5 yang menggunakan codename MERANTI.
Meranti merupakan tumbuhan kayu yang populasinya kian mendekati kepunahan. Meranti yang merupakan spesies dari famili Dipterocarpaceae masuk dalam penetapan spesies prioritas konservasi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia atau LIPI.Peneliti dari Pusat Penelitian Biologi LIPI, Dr Tukirin Partomiharjo, mengatakan, meranti bersama tumbuhan lain dalam famili Dipterocarpaceae seperti kayu kapur, kruing, dan bengkirai menjadi spesies yang paling banyak dimanfaatkan manusia. Namun, pengeksplorasian besar-besaran terhadap tumbuhan ini membuat populasinya terus berkurang. [C→] [→C] http://himpalaunas.com/artikel/lingkungan/2010/09/28/wah-pohon-meranti-terancam-punah
Secara fisik, kayu Meranti tegak menjulang tinggi dengan banyak dahan. Kayu ini tergolong bernilai tinggi dan langka, bahkan nyaris punah. SDC berharap SLiMS-5 akan dapat menjulang tinggi dan memberi manfaat bagi perkembangan banyak perpustakaan, khususnya di Indonesia.
figure image/Meranti-Tree03.png

0.60.2 Credit Title

Credit Title:
Hendro Wicaksono (hendrowicaksono@yahoo.com) — Arie Nugraha (dicarve@yahoo.com) – Arif Syamsudin (buitenzorg812@gmail.com) – M. Rasyid Ridho (ridho_edogawa@yahoo.com) –Sulfan Zayd (sulfan@gmail.com) -- Purwoko (tamanjiwa@gmail.com) — Wardiyono (wynerst@gmail.com) — Eddy Subratha (eddy.subratha@gmail.com) — Indra Sutriadi Pipii (indra.sutriadi@gmail.com)
Dokumen ini dibuat menggunakan Creative Common License (CCL)
http://creativecommons.org/about/licenses/
figure image/cc-by-nc-sa_340x340.png

0.70.3 Mereka Bicara

0.80.4 Rekomendasi URL terkait SLiMS

Table of Contents
List of Figures

31 Pendahuluan

No furniture so charming as books. - Sydney Smith
SLiMS adalah Open Source Software (OSS) berbasis web untuk memenuhi kebutuhan automasi perpustakaan (library automation) skala kecil hingga skala besar. Dengan fitur yang cukup lengkap dan masih terus aktif dikembangkan, SLiMS sangat cocok digunakan bagi perpustakaan yang memiliki koleksi, anggota dan staf banyak di lingkungan jaringan, baik itu jaringan lokal (intranet) maupun Internet.
Keunggulan SLiMS lainnya adalah multi-platform, yang artinya bisa berjalan secara native hampir di semua Sistem Operasi yang bisa menjalankan bahasa pemrograman PHP (http://www.php.net) dan RDBMS MySQL
(http://www.mysql.com). SLiMS sendiri dikembangkan di atas platform GNU/Linux dan berjalan dengan baik di atas platform lainnya seperti Unix *BSD dan Windows.
SLiMSmerupakan aplikasi berbasis web dengan pertimbangan cross-platform. Sepenuhnya dikembangkan menggunakan Software Open Source yaitu: PHP Web Scripting Language, (www.php.net) dan MySQL Database Server
(www.mysql.com). Untuk meningkatkan interaktifitas agar bisa tampil seperti aplikasi desktop, juga digunakan teknologi AJAX (Asynchronous JavaScript And XML). Senayan juga menggunakan Software Open Source untuk menambah fitur seperti PhpThumb dan Simbio (development platform yang dikembangkan dari proyek Igloo). Untuk itu Senayan dilisensikan dibawah GPLv3 yang menjamin kebebasan dalam mendapatkan, memodifikasi dan mendistribusikan kembali (rights to use, study, copy, modify, and redistribute computer programs). Lebih detail tentang GPLv3 bisa dibaca di http://www.gnu.org/licenses/gpl-3.0.html.
SLiMS versi 1 dan 2 tidak dirilis ke publik karena masih tahap ujicoba dan sedang dalam penyempurnaan. Sejak versi 3, SLiMS dianggap sudah stabil untuk dirilis ke publik dan sudah waktunya diujicoba oleh komunitas pustakawan. Diharapkan dengan peer-to-peer review oleh publik, software Senayan semakin stabil dan fitur-fiturnya bisa semakin beragam dan mengakomodasi banyak kebutuhan. Untuk melihat demo dan mendownload software Senayan, bisa berkunjung ke http://slims.web.id
Fitur SLiMS antara lain:

42 Instalasi

4.12.1 Instalasi SLiMS dari source

Education is the passport to the future, for tomorrow belongs to those who prepare for it today (Malcolm X)
(Contoh instalasi Senayan3-stable10. Mulai Stable15 (Matoa) setelah senayan selesai install, database harus diindex terlebih dahulu, untuk cara index terdapat pada bagian Modul System)
Pastikan Web Server (misalnya Apache web server), MySQL database server, dan PHP scripting engine telah terinstall dan berjalan dengan baik. Akan lebih mudah lagi kalau PhpMyAdmin juga diinstal karena akan sangat membantu setup database via interface web. Jika anda menggunakan Windows, direkomendasikan menggunakan portable Senayan for Windows yang sudah terbukti stabil untuk SLiMS dan mudah diinstal dan di backup (cukup kopi folder).
Instalasi SLiMS dari source lebih direkomendasikan untuk platform selain Windows seperti GNU/Linux dan Unix karena pada platform tersebut kondisinya relatif lebih beragam. Di Unix/Linux, instalasi Web server (misal Apache), MySQL dan PHP bisa dilakukan melalui paket binary bawaan distro masing-masing. Atau instalasi dari source code yang menawarkan fleksibilitas.
SLiMS dikembangkan pada platform GNU/Linux (Zenwalk dan Ubuntu) dan sudah dicoba dalam skala produksi di beberapa server yang berbasis Centos Linux, OpenSUSE Linux, FreeBSD dan Windows. Pada dasarnya tidak ada masalah dengan Operating System yang digunakan. Yang penting PHP dan MySQL sudah berjalan dengan baik pada Operating System tersebut. Jika Senayan digunakan di internet (publik), disarankan untuk meningkatkan keamanan dengan menambahkan firewall di sisi TCP/IP (layer 3 dan 4 dari OSI layer), di sisi aplikasi (contoh modsecurity ) dan di sisi database (contoh greensql: ). Tutorial implementasinya bisa dibaca di: http://hendrowicaksono.multiply.com/journal/item/54
figure image/instalasi-01.png
Figure 2.1 Figure 2.1 Letakkan file senayan*.tar.gz ke web document root
Sekarang letakkan source SLiMS pada web document root web server yang anda gunakan. Contoh: saya menggunakan Ubuntu Linux dan menginstall Apache Webserver dari source code, web document root nya terletak di /usr/local/apache/htdocs. Sedangkan di OpenSUSE terletak di /srv/www. Jika anda menggunakan xampplite, web document root biasanya terletak pada \xampplite\htdocs. Masih di Windows, jika anda meng-install Apache satu persatu (bukan melalui paket AMP), web document root biasanya terdapat di Program Files\apachegroup\apache\htdocs
figure image/instalasi-02.png
Figure 2.2 Figure 2.2 Ekstrak file senayan*.tar.gz
figure image/instalasi-03.png
Figure 2.3 Figure 2.3 Senayan*.tar.gz telah selesai diekstrak
Ekstrak file senayan3-*.tar.gz di direktori yang sama. Pada Windows anda bisa menggunakan Winzip. Pada Linux anda bisa menggunakan tools bawaan Linux. Misalnya (pada Ubuntu yang saya gunakan) dengan menjalankan perintah:
shell> sudo tar -xvxf senayan3-stable10-patch1.tar.gz 
maka akan terbentuk folder/direktori senayan3-stable10.
figure image/instalasi-04.png
Figure 2.4 Figure 2.4 Membuat database melalui console MySQL
Sekarang masuk ke folder senayan3-stable10 yang baru terbentuk.
shell> cd senayan3-stable10
Ada dua file sql yang akan kita masukkan untuk struktur dan data contoh aplikasi senayan. Untuk melihatnya, jalankan perintah:
shell> ls -la install/*.sql 
Sekarang dengan user yang punya akses untuk membuat database (contoh: root), kemudian buat database dengan nama ’senayandb”:
shell> mysql -u root -p 
mysql> CREATE DATABASE senayandb; 
mysql> SHOW DATABASES; 
mysql> quit;
figure image/instalasi-new.png
Figure 2.5 Figure 2.5 Membuat database dengan bantuan phpMyAdmin
figure image/instalasi-new1.png
Figure 2.6 Figure 2.6 Membuat database dengan bantuan phpMyAdmin
figure image/instalasi-06.png
Figure 2.7 Figure 2.7 Dump data SQL ke database Senayan melalui MySQL console
Berikutnya membuat struktur data senayan dan meng-instal data sampel.
shell> mysql -u root -p senayandb < install/senayan.sql 
shell> mysql -u root -p senayandn < install/sample_data.sql
figure image/instalasi-new2.png
Figure 2.8 Figure 2.8 Import data .sql dengan PhpmyAdmin
figure image/instalasi-new3.png
Figure 2.9 Figure 2.9 Hasil Import di PhpMyadmin
figure image/instalasi-08.png
Figure 2.10 Figure 2.10 Membuat user database melalui MySQL console
Opsional, dengan alasan keamanan, anda bisa membuat user khusus untuk database senayan. Caranya jalankan perintah berikut:
shell> mysql -u root -p 
mysql> GRANT ALL PRIVILEGES ON senayandb.* TO 
’senayanuser’@’localhost’ IDENTIFIED BY ’password_senayanuser’;
figure image/instalasi-09.png
Figure 2.11 Figure 2.11 Konfigurasi koneksi database pada file sysconfig.local.inc.php
figure image/instalasi-10.png
Figure 2.12 Figure 2.12 Konfigurasi database yang telah disesuaikan
Sekarang edit file sysconfig.local.inc.php [D→] [→D] Mulai Matoa, SLiMS menggunakan sysconfic.local.inc.php sebagai tempat konfigurasi local. Maksudnya, jika ada perubahan, atau konfigurasi baru dalam file sysconfig.local.inc.php, maka yang akan dibaca oleh SLiMS terlebih dahulu adalah file sysconfig.local.inc.php. Atau jika ada dua konfigurasi yang sama pada file sysconfig.local.inc.php dan sysconfig.inc.php maka SLiMS tetap akan membaca pertama di file sysconfig.local.inc.php. Untuk menambahkan konfigurasi/mengubah konfigurasi local, cukup ditambahkan/copikan dari sysconfig.inc.php saja, misalnya:Untuk Mysqldump, di sysconfig.inc.php isinya: $sysconf[’mysqldump’] = ’/usr/bin/mysqldump’;copy baris tersebut, paste pada sysconfig.local.inc.php kemudian sesuai kan dengan kondisi lokal. Misalnya jadi: $sysconf[’mysqldump’] = ’/psenayan/mysql/bin/mysqldump.exe’; dengan editor favorit anda (misal: notepad, vim), kemudian ubah Database connection config. Jika nama database anda berbeda, ubah nilai dari DB_NAME. Begitu juga dengan DB_USERNAME dan DB_PASSWORD. Simpan perubahannya, kemudian tutup editor anda.
Mulai Senayan3-stable15, jika ingin menginstall SLiMS tidak perlu mengubah konfigurasi pada file sysconfig.inc.php, namun konfigurasi local database dapat dilakukan di sysconfig.local.inc.php. Letak file ini sama dengan letak file sysconfig.inc.php.
Di Unix/Linux, Pastikan Apache web server bisa melakukan aksi tulis ke direktori images dan files. Bisa dengan dua cara. Pertama dengan mengubah hak akses direktori sehingga bisa ditulis (change mode). Sebagai root lakukan:
shell> chmod -R 777 images 
shell> chmod -R 777 files
shell> chmod -R 777 repository
Cara kedua dengan mengubah kepemilikan user direktori tersebut (anda harus tahu terlebih dahulu user yang menjalankan proses web server. Misalnya user “daemon”, nobody, dan lain-lain). Sebagai root lakukan:
shell> chown -R daemon images 
shell> chown -R daemon files
shell> chown -R daemon repository
figure image/instalasi-11.png
Figure 2.13 Figure 2.13 Aplikasi Senayan sudah bisa digunakan
Sekarang coba akses ke http://localhost/senayan3-stable10/ [E→] [→E] Mulai stable 15 (Matoa) untuk menampilkan data bibliografi di OPAC SLiMS, terlebih dahulu harus dilakukan indexing. Cara index ada pada bagian Modul Sytems.
SLiMS sudah bisa digunakan.

4.22.2 Instalasi Portable Senayan di Windows

Portable Senayan for Windows (Psenayan) adalah paket software yang terdiri dari aplikasi Senayan, Apache Web Server, PHP Scripting engine, MySQL database Server dan PHPMyAdmin, didalamnya library YAZ yang digunakan untuk mengaktifkan fitur copycataloging menggunakan z39.50 sudah terinstall. Psenayan ditujukan agar orang mudah melakukan instalasi SLiMS tanpa dibuat bingung cara menginstall software lain (web server, mysql, php, YAZ) terlebih dahulu. Tinggal copy, ekstrak dan jalankan!
figure image/instalasi-12.png
Figure 2.14 Figure 2.14 Kopi file psenayan*.zip ke root directory/folder
Kopi file psenayan-x.x.zip (misalnya psenayan-3.0.zip, silakan dapatkan rilis terbaru Psenayan di http://slims.web.id) ke root directory. Misalnya ke c:\ atau d:\. Jangan letakkan didalam direktori/folder lain.
figure image/instalasi-13.png
Figure 2.15 Figure 2.15 Ekstrak psenayan*.zip
Ekstrak file psenayan*.zip langsung ke root directory. Jika anda telah menginstal utiliti untuk ekstrak file terkompresi seperti Winzip atau Winrar, biasanya klik kanan pada file, akan memunculkan opsi “Extract Here”. Pilih opsi tersebut.
figure image/instalasi-14.png
Figure 2.16 Figure 2.16 Folder psenayan telah terbentuk
Otomatis akan terbentuk folder “psenayan”. Berikutnya masuk ke dalam direktori tersebut.
figure image/instalasi-15.png
Figure 2.17 Figure 2.17 File dan folder yang terdapat didalam psenayan
Sekarang Jalankan file “apache_start.bat” dan “mysql_start.bat”. Pertama jalankan file “apache_start.bat” terlebih dahulu (double-click pada file tersebut).
figure image/instalasi-16.png
Figure 2.18 Figure 2.18 Dalam beberapa versi Windows, akan muncul message firewall ketika apache pertama kali dijalankan
Pada Windows yang Firewall-nya aktif, biasanya akan muncul pop-up “Windows Security Alert”. Klik tombol “Unblock” untuk mengijinkan komputer menjalankan proses Apache web server.
figure image/instalasi-17.png
Figure 2.19 Figure 2.19 Apache telah berjalan dengan baik
Jika proses Apache berhasil diaktifkan, akan muncul window dengan pesan “Apache 2 is starting”. Biarkan window tersebut.
figure image/instalasi-18.png
Figure 2.20 Figure 2.20 Dalam beberapa versi Windows, akan muncul message firewall ketika MySQL pertama kali dijalankan
Berikutnya aktifkan mysql database server dengan melakukan double-click pada file “mysql_start.bat”. Pada Windows yang Firewall-nya aktif, biasanya akan muncul pop-up “Windows Security Alert”. Klik tombol “Unblock” untuk mengijinkan komputer menjalankan proses Mysql database server.
figure image/instalasi-19.png
Figure 2.21 Figure 2.21 MySQL telah berjalan dengan baik
Jika proses MySQL berhasil diaktifkan, akan muncul jendela dengan pesan “ready for connections”. Biarkan jendela tersebut.
figure image/instalasi-20.png
Figure 2.22 Figure 2.22 Aplikasi Senayan sudah bisa digunakan
Aktifkan browser, kemudian akses http://localhost. Akan muncul tampilan OPAC dari aplikasi Senayan. Sekarang Senayan sudah bisa digunakan. Jika ingin mematikan proses Apache dan MySQL, double-click pada file “apache_stop.bat” dan “mysql_stop.bat”.
Untuk masuk ke dalam menu administrasi, silakan klik “Librarian Login”. Username admin dan password admin. Sedangkan username dan password untuk masuk phpmyadmin di Psenayan adalah: username root password psenayan. Pada Psenayan, url untuk masuk di PhpMyadmin adalah http://localhost/pma/

5.12.3 Instalasi menggunakan Installer

Pada SliMS meranti, selain instalasi secara manual (cara pertama) juga dapat dilakukan dengan instalasi menggunakan fitur SLiMS Installer. Langkah penggunaan SLiMS installer ini adalah:
  1. Buat database
  2. Buat username dan password untuk database
  3. Panggil SLiMS dengan webbrowser, misalnya http://localhost/slims-slims5/, maka secara otomatis browser akan mengarakahkan ke http://localhost/slims-slims5/install/index.php.
    Tampilan pada langkah ini adalah sebagai berikut:
    figure image/inst-1.png
    Figure 2.23 Figure 2.23 Fitur Installer
    Klik Lets Start Transaction
  4. Isikan host, nama database, username dan password yang akan digunakan (sudah dibuat sebelumnya). Serta tentukan apakah akan menginstall data contoh atau tidak. Tampilan isian seperti gambar di bawah ini:
    figure image/inst-2.png
    Figure 2.24 Figure 2.24 Pengisian pada Fitur Installer
  5. Klik Continue, jika berhasil maka akan muncul tampilan sebagai berikut:
figure image/inst-3.png
Figure 2.25 Figure 2.25 Instalasi menggunakan Fitur Installer berhasil
Pada keterangan gambar di atas, untuk keamanan silakan hapus folder install.

155 Home

”Karena (SLiMS) awalnya dikembangkan dengan uang negara, harus bisa diperoleh secara bebas oleh masyarakat,” — (Hendro Wicaksono)
Ketika anda masuk ke halaman admin SLiMS, pertama kali yang ada lihat adalah Home. Sebagaimana gambar berikut:
figure image/home.png
Figure 5.1 Figure 5.1 Tampilan Home
Pada tampilan Home diatas, pada sebelah kiri terdapat 5 Menu. Ubah Profil User digunakan untuk merubah Nama User, username, dan password. Sedangkan 4 menu lain di bawahnya merupakan menu yang sering digunakan, dimana menu ini sebenarnya merupakan bagian dari Modul tertentu. Tambah katalog baru, merupakan bagian dari Modul Bibliography, Mulai Transaksi dan Pengembalian Kilat merupakan bagian dari modul Sirkulasi. Tambah Anggota merupakan bagian dari modul Membership [F→] [→F] Untuk mempelajari menu-menu ini silakan menuju bagian Modul terkait. .
Jika ada tulisan berwarna merah, merupakan tanda peringatan anggota yang terlambat serta beberapa folder yang hak aksesnya masih terbatas. Dalam kondisi ideal, mestinya tulisan warna merah ini tidak ada. Jika ada folder yang masih belum dapat ditulis, maka anda harus mengubah hak akses atas folder tersebut.

176 Bibliography

Libraries are not made; they grow. - Augustine Birrell
Modul ini berisi menu Add New Bibliography (membuat data bibliografi/katalog baru), Bibliographic List (melihat daftar bibliografi), Item List (melihat daftar item/kopi koleksi), Chekout Items (melihat daftar item yang sedang dipinjam). Selain itu, pada modul ini juga dilengkapi dengan copy cataloging, label printing, item barcode printing, import data, eksport data, item import, item eksport. Untuk melihat daftar bibliografi dilakukan dengan klik pada navigasi Bibliography List, demikian pula jika kita ingin melihat daftar item klik pada Item List, melihat Item yang sedang dipinjam klik pada menu Checkout Items.

17.16.1 Menu Add New Bibliography

Menu ini digunakan untuk menambah bibliografi baru, klik pada Add New Bibliography. Maka akan muncul layar seperti dibawah ini:
figure image/biblio.png
Figure 6.1 Figure 6.1 Form untuk menambakan data bibliografi/katalog
Metadata yang harus kita isikan adalah:
figure image/biblio-class.png
Figure 6.2 Figure 6.2 Classification
figure image/biblio-attatc-akses.png
Figure 6.3 Figure 6.3 File Attachment
Untuk menambahi jenis file yang dapat diunggah, silahkan membaca pada bagian tips dan trik.
Fitur Promote to Homepage berkaitan dengan konfigurasi Show Promoted Titles at Homepage yang ada pada Modul System Configuration. Sedangkan Label harus didefinisikan di Master File dulu. Pada label, dapat diisikan URL yang sesuai dengan bibliografi.
figure image/bib-promote1.png
Figure 6.4 Figure 6.4 Fitur Hide in OPAC, Label dan Promote to Homepage
Setelah data kita isikan, klik Save. Jika berhasil maka sistem akan memunculkan informasi bahwa data bibliografi, file dan gambar telah sukses di simpan. Layar tidak akan berganti, namun akan bertambah. Tambahannya adalah hasil generate item sesuai dengan yang diisikan. Letaknya dibawah Specific Detail Info.
figure image/bib-item-generate.png
Figure 6.5 Figure 6.5 Hasil pembuatan item sesuai pola
Tugas berikutnya adalah mengedit kode item dan memasukkan identitas item sesuai dengan item yang diterima. Kode item merupakan kode unik yang mewakili tiap eksemplar koleksi. Jika setelah input item ternyata ada item baru lagi, dapat ditambahkan dengan cara klik pada Add New Item, maka akan muncul pop-up window seperti gambar berikut ini :
figure image/biblio-item-new.png
Figure 6.6 Figure 6.6 Pop-up window untuk menambahkan Item/Kopi
Form penambahan item ini berisi field sebagai berikut:

17.26.2 Menu Bibliographic List

Menu ini digunakan untuk melihat data bibliografi yang sudah ada dalam database Senayan. Informasi yang dimunculkan dalam menu ini adalah: Title, pengarang, ISBN/ISSN, Copies dan Last Update. Menu ini memungkinkan kita untuk dapat mengurutkan daftar berdasar title/judul, ISSN/ISBN, copies dan juga last update. Dengan menu ini pula, bibliografi dapat dicari untuk di edit atau di hapus. Berikut langkah untuk mengedit atau menghapus bibliografi lewat menu Bibliographic List:
figure image/biblio-list.png
Figure 6.7 Figure 6.7 Bibliographic list
figure image/biblio-edit.png
Figure 6.8 Figure 6.8 Edit bibliography

17.36.3 Menu Item List

Menu ini digunakan untuk melihat item yang dalam database Senayan. Informasi yang ada dalam menu ini adalah: Item Code, Title, Type, Location, Class, dan Last Update. Dengan menu ini dapat pula dilakukan proses edit dan hapus item. Berikut langkah untuk mengedit atau menghapus item:
figure image/item-list.png
Figure 6.9 Figure 6.9 item list
figure image/item-edit.png
Figure 6.10 Figure 6.10 edit item

17.46.4 Menu Checkout Items

Menu ini memberikan informasi tentang item yang sedang dipinjam. Dalam menu ini dilengkapi juga dengan fasilitas pencarian dengan pendekatan item dan judul bibliografi. Informasi yang ada dalam menu ini adalah Item Code, Member ID peminjam, Title, Loan Date (tanggal pinjam), Due Date (tanggal kembali).
figure image/biblio-chekout.png
Figure 6.11 Figure 6.11 Checkout item

17.56.5 Copy Cataloging

Copy cataloging pada SLiMS mengoptimalkan 3 layanan tukar menukar data. Z39.50 SRU dengan memanfaatkan xml yang berformat MODS, Z 39.50 yang memanfaatkan YAZ serta P2P service yang memanfaatkan XML antar SLiMS.

17.5.16.5.1 Z 39.50 SRU: Search/Retrieval via URL

Merupakan fitur yang digunakan untuk proses copycataloging sebagaimana pada Z 39.50 Service. Perbedaan dari sisi pengguna, penggunaan SRU tidak mensyaratkan instalasi YAZ.
figure image/bib-sru.png
Figure 6.12 Figure 6.12 Proses Copycataloging Z39.50 SRU

17.5.26.5.2 Z 39.50 Service

Merupakan fitur baru di SLiMS mulai stable-10, dimana memungkinkan perpustakaan pengguna senayan untuk mengambil koleksi dari perpustakaan berbagai perpustakaan. Secara default SLiMS mengarah ke Library of Congress (http://loc.gov), namun dapat ditambahi sesuka kita. Pustakawan cukup memasukkan judul, pengarang atau ISBN/ISSN, kemudian Senayan akan mengambil data. Jika hasilnya lebih dari satu, maka pustakawan dimungkinkan untuk memilih koleksi yang diinginkan kemudian save.
Untuk efektifitas penggunaan Z39.50 dapat digunakan ISBN/ISSN, karena dengan ISBN/ISSN pencarian koleksi bisa lebih akurat.
figure image/z39501.png
Figure 6.13 Figure 6.13 Proses awal Z39.50
figure image/z39502.png
Figure 6.14 Figure 6.14 Proses kedua Z39.50
figure image/z39503.png
Figure 6.15 Figure 6.15 Proses Ketiga Z39.50
figure image/z39504.png
Figure 6.16 Figure 6.16 Hasil Z39.50
Untuk penggunaan Z39.50 library YAZ harus diinstall terlebih dahulu. Detail installasi YAZ, bisa dibuka di http://dicarve.blogspot.com. Sedangkan pada Psenayan YAZ sudah dipaketkan. Selain YAZ, port yang dibutuhkan juga harus terbuka. Detail url yang menyediakan protokol Z39.50 dapat dilihat di http://irspy.indexdata.com/. Selain ke perpustakaan-perpustakaan tersebut, SLiMS juga dapat mengambil data (copycataloging) dengan menggunakan protokol z39.50 ke aplikasi lain, misalnya KOHA.

17.5.36.5.3 Menu P2P Service

P2P Service merupakan fitur baru yang ada mulai Senayan3Stable14. Konsep dasar dari fitur ini adalah berbagi data bibliografi antar pengguna Senayan. P2P Service memanfaatkan fasilitas xml yang telah ada di senayan untuk berbagi koleksi bibligrafi. Untuk penggunaan P2P Service ini, cukup dengan klik p2p service, isikan kata kunci dan pilih lokasi/url/perpustakaan yang dituju untuk pencarian. Jika sistem menemukan koleksi yang dicari, maka akan ditampilkan.
Pencarian pada P2P Service ini dapat menggunakan pencarian spesifik model Boolean. Sebagai contoh isbn=0-596-00108-8 AND title=bazaar. Selain ISBN dan Title, pencarian detail dapat juga menggunakan author, GMD dan subject.
figure image/biblio-p2p.png
Figure 6.17 Figure 6.17 P2P Service
P2P dapat dikonfigurasi melalui perubahan pada file sysconfig.inc.php sebagaimana contoh berikut:
Cari baris seperti di bawah ini,
$sysconf[’p2pserver’][1] = array(’uri’ => ’http://127.0.0.1/senayan3-stable14’, ’name’ => ’SLiMS Library’);
Kemudian edit sesuai dengan alamat dan nama Perpustakaan yang dituju. P2P dapat juga membaca dirinya sendiri. Jika ada lebih dari satu alamat yang dituju, maka dapat ditambahkan baris di bawahnya, sebagaimana contoh berikut:
$sysconf[’p2pserver’][1] = array(’uri’ => ’http://127.0.0.1/slims’, ’name’ => ’SLiMS Library’);$sysconf[’p2pserver’][2] = array(’uri’ => ’http://perpustakaan.kemdiknas.go.id/digilib/’, ’name’ => ’Perpustakaan Diknas’);$sysconf[’p2pserver’][3] = array(’uri’ => ’http://lib.geologi.ugm.ac.id/lib’, ’name’ => ’Perpustakaan Geologi UGM’);
Alamat OPAC Senayan yang hendak diambil datanya menggunakan P2P haruslah mengaktifkan fitur xml. Fitur ini dapat diaktifkan dalam modul System. P2P hanya bisa dilakukan pada Senayan mulai stable-13.

17.66.6 Menu Labels Printing

Dengan menu ini kita dapat mencetak label koleksi berdasar data bibliografi yang sudah dimasukkan dalam SLiMS. Berikut urutan mencetak label menggunakan menu Labels Printing:
figure image/biblio-labelprint.png
Figure 6.18 Figure 6.18 Labels printing
figure image/bib-labelprint.png
Figure 6.19 Figure 6.19 Selesai mencetak
figure image/bib-labeljadi.png
Figure 6.20 Figure 6.20 Hasil Cetakan

17.76.7 Menu Item Barcodes Printing

Menu ini sebagai sarana mencetak barcode berdasar data item yang sudah dimasukkan dalam SLiMS. Berikut urutan mencetak barcode menggunakan menu Item Barcodes Printing:
figure image/bib-prinbarcode.png
Figure 6.21 Figure 6.21 Item barcode printing
figure image/bib-labelprint.png
Figure 6.22 Figure 6.22 Selesai mencetak
figure image/bib-bar-jadi.png
Figure 6.23 Figure 6.23 Hasil cetakan

17.86.8 Catalog Print

Fitur ini dapat digunakan untuk mencetak kartu katalog. Cara mencetak hampir sama dengan cara mencetak barcode atau label buku. Hasil dari pencetakan adalah sebagaimana gambar dibawah ini:
figure image/biblio-cat-print.png
Figure 6.24 Figure 6.24 Cetak katalog

17.96.9 MARC Import

Fitur ini digunakan untuk mengimport data MARC baik itu berekstensi .mrc ataupun .xml. Sebelum menggunakan fitur ini, syaratnya pada server SLiMS telah terinstall PEAR, FILE_MARC dan Structures_LinkedList. Pada server yang menggunakan linux Ubuntu, dapat menggunakan perintah berikut:
sudo pear install channel://pear.php.net/Structures_LinkedList-0.2.2
channel://pear.php.net/File_MARC-0.6.2
Jika belum terinstall, maka tampilan fitur ini adalah sebagai berikut:
figure image/biblio-marc-error.png
Figure 6.25 Figure 6.25 Marc Import belum berfungsi
Jika sudah terinstall, maka yang tampil adalah:
figure image/biblio-marc-inport.png
Figure 6.26 Figure 6.26 Marc Import siap digunakan
Jika anda mempunyai berkas MARC, misalnya .mrc (jika anda tidak memiliki, anda dapat mengunduh contoh file Marc berekstensi .mrc di http://www.gale.cengage.com/marc_records/) anda dapat memrosesnya dengan klik BROWSE dan pilih file yang hendak diimport. Number of Record to import berarti berapa jumlah records yang akan di import, 0 berarti semua record yang ada dalam file database. Jika berhasil, maka sistem akan menampilkan tampilan sebagai berikut:
figure image/biblio-marc-sukses.png
Figure 6.27 Figure 6.27 Marc Import sukses dijalankan

17.106.10 Menu Import Data

Menu import data ini digunakan untuk mengambil data bibliografi dari luar SLiMS dalam format csv (atau dari database Senayan yang sudah di eksport dalam bentuk .csv), kemudian dimasukkan dalam program aplikasi Senayan.
Untuk petunjuk import data, secara lebih detail silakan baca pada manual konversi data dari Athenaeum ke Senayan dan dari SIPISIS ke Senayan. Manual konversi ini dapat anda peroleh di http://slims.web.id/download/docs/tutorial-athen2senayan.pdf
dan http://slims.web.id/download/docs/tutorial-isis2senayan.pdf
Selain itu Tim Pengembang Senayan juga menyediakan tool online untuk konversi senayan. Tool ini dapat anda akses di http://slims.web.id/senayan-converter/

17.116.11 Menu Export Data

Menu export data ini digunakan untuk mengambil data bibliografi dalam aplikasi Senayan, untuk kemudian dapat di masukkan dalam aplikasi senayan lainnya. Proses ini dapat dipahami sebagai pertukaran data.
Proses eksport akan menghasilkan file .csv, sedangkan proses import membutuhkan file dengan format .cvs. Format .csv tersebut adalah berurutan sebagai berikut: Title, GMD, Edisi, ISBN, Publisher, Thn Terbit, Deskripsi Fisik, Judul Seri, Call Number, Bahasa, Tempat Terbit, Klasifikasi, Catatan, nama file Image, nama file File attachment, pengarang, subyek, barcode.
Contohnya adalah sebagai berikut:
"Linux In a Nutshell","Printed Book","Fifth Edition","9780596009304","OReilly",
"2005","xiv, 925 p. : ill. ; 23 cm.","In a Nutshell","005.4/32-22 Ell
l","English","Sebastopol, CA","005.4/32 22","","linux_in_a_nutshell.jpg",
"","<Siever, Ellen><Love, Robert><Robbins, Arnold><Figgins, Stephen><Weber,
Aaron>","<Operating System><Linux><Computer>","<B00009><B00010>"
Dalam proses Eksport terdapat form pilihan:
figure image/biblio-eksport.png
Figure 6.28 Figure 6.28 Proses Eksport Bibliography
Keterangan:
figure image/biblio-import.png
Figure 6.29 Figure 6.29 Proses Import Bibliography
Keterangan:

17.126.12 Item Eksport

Format hasil eksport data item pada SLiMS adalah sebagai berikut:
"B00001","","Reference","INV/B00001","0000-00-00","","","MyLibrary",
"0000-00-00","","","1","","500000","Rupiah","0000-00-00",
"2008-12-26 22:11:10","2008-12-26 22:14:13",
"Ajax : creating Web pages with asynchronous JavaScript and XML"
Format diatas daat dijadikan acuan jika ingin memasukkan data .csv ke SLiMS. Caranya adalah dengan menyesuaikan format .csvnya.

17.136.13 Item Import

Item import digunakan untuk memasukkan data item ke database SLiMS. Jika kegiatan ini dilakukan dari database SLiMS yang satu ke SLiMS yang lain, maka item import dilakukan setelah bibliography import. Artinya item akan menyesuaikan data bibliografi yang telah diimport lebih dahulu.

17.146.14 Biblio Custom Field

Fitur ini digunakan untuk menambahkan Field baru pada Bibliografi, dimana field ini dibutuhkan oleh perpustakaan yang menggunakan Senayan namun belum tersedia dalam field standard SLiMS.
Untuk menambahkan field baru dilakukan langkah sebagai berikut:
’dbfield’ => ’librarian’, // name of field in ’biblio’ table in database, make sure you already define it! 
’label’ => __(’Librarian’), // label of field in form 
’type’ => ’text’, // type of field 
’default’ => ’’, // default value of field 
’max’ => ’50’, // maximum character to enter in ’text’ field type
’data’ => false, // an array of data for ’dropdown’, ’checklist’ or ’choice’
’indexed’ => true, // NOT APPLICABLE YET, FOR FUTURE RELEASE USE
’width’ => 50), // width of field in form for ’text’ field type, maximum is 100
figure image/biblio-custom.png
Figure 6.30 Figure 6.30 Biblio Custom

187 Membership

Your library is your portrait. - Holbrook Jackson
Modul Membership digunakan untuk mengelola data anggota. Menu-menu ini terdapat beberapa menu, yaitu:

18.17.1 Menu View Member List

Digunakan untuk melihat anggota yang telah terdaftar dalam sistem. Informasi yang ditampilkan adalah Member ID, Member Name, Membership Type, Email, Last update. Pada daftar ini dilengkapi pula dengan fasilitas DELETE dan EDIT.
figure image/member-list.png
Figure 7.1 Figure 7.1 List data anggota
Jika ada anggota yang keanggotaanya telah habis, maka kita dapat memperpanjang dengan mengklik menu EDIT. Perpanjangan masa keanggotaan dapat dilakukan secara otomatis atau manual. Otomatis, dapat kita lakukan dengan checkbox EXTEND maka keanggotaan akan diperpanjang selama waktu yang ditentukan, terhitung dari tanggal perpanjangan.
Sedangkan secara manual, dapat dilakukan dengan editing Expiry Date.
figure image/member-extend.png
Figure 7.2 Figure 7.2 Perpanjang Keanggotaan
Selain itu perpanjangan juga dapat dilakukan secara massal. Caranya adalah dengan klik View Expired Member, Checkbox member yang akan di perpanjang, kemudian klik Extend Selected Member(s).
figure image/mem-exten-massal1.png
Figure 7.3 Figure 7.3 Perpanjang Keanggotaan Massal
figure image/mem-exten-massal2.png
Figure 7.4 Figure 7.4 Perpanjang Keanggotaan Massal

18.27.2 Add New member

Fasilitas untuk menambahkan data anggota baru ke dalam sistem Senayan. Data anggota yang dimasukkan adalah: Member ID (ID Anggota -barcode/RFID-), Member Name (Nama Lengkap Anggota), Register Date (tanggal mendatar), Expiry Date (tanggal kadaluarsa), Institution (nama institusi, nama kantor atau nama organisasi), Membership Type (Tipe Keanggotaan), Gender (Jenis Kelamin), E-mail, Address (Alamat rumah atau kantor), Postal Code (Kode Pos), Phone Number (Nomor Telepon), Fax Number (Nomor Fax), Personal ID Number (Nomor ID Personal seperti no. KTP), Notes (Catatan singkat), dan Upload Photo (File foto anggota). Dalam Expiry date terdapat Auto Set, maksud dari fasilitas ini, jika auto set di check maka tanggal expired anggota akan dihitung berdasar Membership Type. Namun jika di uncheck, maka Expiry date dapat ditentukan secara manual, dengan memilih tanggal Expirednya.
Pada form ini pula, disediakan fitur Pending Membership. Jika Pending Membership ini di check, maka anggota yang bersangkutan tidak akan dapat melakukan sirkulasi, meskipun masih aktif. Hal ini dapat diterapkan sebagai sanksi kepada anggota yang melanggar peraturan perpustakaan.
figure image/member-add.png
Figure 7.5 Figure 7.5 Form Add New Member

18.37.3 Menu Member Type

Merupakan definisi jenis keanggotaan. Di dalam jenis keanggotaan ini di tetapkan Loan Limit (batas eksemplar peminjaman), Loan Periode (lama pinjam), Reserve (pemesanan), Reserve Limit (batas eksemplar pemesanan), Membership Periode (lama keanggotaan), Reborrow Limit (batas perpanjangan), Fine Each Day (denda perhari), dan Overdue Grace Periode (Toleransi keterlambatan -dalam hari-).
figure image/member-type.png
Figure 7.6 Figure 7.6 Member Type

18.47.4 Menu Import Data

Menu ini digunakan untuk mengambil data member dari luar aplikasi Senayan untuk dimasukkan ke dalam aplikasi Senayan. Format data yang di import adalah .csv.

18.57.5 Menu Export Data

Menu ini digunakan untuk mengambil data member didalam aplikasi senayan, dan hasilnya adakah data dalam bentuk .csv
Contoh record data csv dari member ini adalah:
"M001","Hendro Wicaksono","0","Mahasiswa","hendrowicaksono@yahoo.com",
"Jakarta","99999","Perpustakaan DIKNAS","","member_M001.jpeg","KTP No.
123","99999","99999","2008-12-25","2008-12-25","2009-12-25",
"Anggota Teladan tahun 2006"
figure image/member-eksport.png
Figure 7.7 Figure 7.7 Gambar Member Eksport
figure image/member-import.png
Figure 7.8 Figure 7.8 Member Import

18.67.6 Member Card

Menu ini digunakan untuk mencetak kartu anggota. Cara mencetaknya sama dengan cara mencetak label atau barcode. Informasi yang ada dalam kartu anggota ini adalah: ID, Nama, Member Type, Barcode, Foto (Jika ada) dan Identitas perpustakaan.
figure image/mem-car.png
Figure 7.9 Figure 7.9 Member Card

18.77.7 Member Custom Field

Serupa dengan Biblio Custom, pada fitur ini pengguna senayan dapat menambahkan informasi (field) baru yang harus diisikan dalam informasi keanggotaan. Untuk menambahkan field baru, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
figure image/member-custom.png
Figure 7.10 Figure 7.10 Member Custom Field

198 Circulation

What in the world would we do without our libraries? --Katherine Hepburn
Modul ini dipakai untuk proses sirkulasi. Beberapa menu yang ada di dalamnya adalah:

19.18.1 Menu Start Transaction

Untuk melakukan transaksi melalui Member ID (ID anggota). Setelah Member ID dimasukkan, maka akan muncul informasi anggota, yaitu: Member Name (nama anggota), Member E-Mail (email anggota), Register Date (tanggal mendaftar), Member ID (ID anggota), Member Type (jenis keanggotaan), Expire Date (tanggal akhir keanggotaan) dan foto anggota. Dibawahnya terdapat tab Loans (untuk melakukan transaksi peminjaman), Current Loans (daftar peminjaman terkini), Reserve (untuk kebutuhan pemesanan literatur), Fines (denda), Loan History (sejarah peminjaman yang dilakukan oleh anggota). Dalam Current Loans juga terdapat fasilitas untuk mengembalikan (Return) dan memperpanjang (Extend) peminjaman.
figure image/sirk-mulai.png
Figure 8.1 Figure 8.1 Proses Sirkulasi
Catatan:
Setelah selesai melakukan proses peminjaman (Loans) dan Pemesanan (Reserve) jangan lupa untuk klik Finish Transaction. Tanpa menekan tombol Finish Transaction, maka semua proses transaksi tidak akan tercatat ke dalam sistem.
Mulai pada Senayan3-stable13 tersedia fitur cetak nota transaksi. Untuk mengaktifkan fitur ini, pertama harus diseting enable pada modul System. Lihat dokumentasi bagian System. Perintah mencetak akan muncul setelah pustakawan meng-klik Finish Transaction.
figure image/sirk-nota.png
Figure 8.2 Figure 8.2 Pencetakan Nota Transaksi
Mulai Senayan3-stable11, dimungkinkan untuk menentukan tanggalpinjam dan kembali secara manual. Artinya, tanggal pinjam dan kembali dapat ditentukan dengan tidak berdasar konfigurasi pada Loan Rules. Untuk aktivasi silakan lihat pada Modul System Configurations.
figure image/sirk-edit-date.png
Figure 8.3 Figure 8.3 Penentuan Loan dan Due date secara manual
Penentuan Loan dan Due date ini dapat dilakukan dengan meng-klik tanggal yang ingin kita ubah.

19.28.2 Menu Quick Return

Untuk melakukan pengembalian dengan menggunakan Item Id.
figure image/sirk-quick.png
Figure 8.4 Figure 8.4 QuickReturn
figure image/sirk-quickreturn-indra.png
Figure 8.5 Figure 8.5 QuickReturn

19.38.3 Menu Loan Rules

Merupakan fasilitas untuk mendefinisikan aturan peminjaman yang didasarkan pada Member Type, Collection Type, GMD. Aturan yang ditetapkan dalam fasilitas ini adalah Batas Jumlah Peminjaman (Loan Limit), Periode Peminjaman (Loan Period), Batas Perpanjangan (Reborrow Limit), Denda per Hari (Fine Each Day) dan Toleransi Keterlambatan (Overdue Grace Periode)
figure image/sirk-loanrules.png
Figure 8.6 Figure 8.6 Loan Rules
ContohPendefinisian Loan Rules:
Semuanya harus didefinisikan, jika tidak maka bisa jadi terlewati.

19.48.4 Menu Loan History

Berisi data transaksi yang pernah dilakukan. Data yang muncul terdiri dari Member ID, Member Name, Item Code, Title, Loan date, Due date. Dalam menu ini pula disediakan fasilitas untuk mencetak daftar history peminjaman. Selain itu dimungkinkan pula untuk melakukan pencarian data history. Pencarian data history ini dilakukan berdasarkan Member ID/Member Name, Documen Title, Item Code, Loan Date From dan Loan Date Until. Fasilitas ini dapat di tampilkan dengan mengklik Show More Filter Options.
figure image/sirk-loanhys.png
Figure 8.7 Figure 8.7 Loan History

19.58.5 Menu Overdued List

Merupakan fasilitas untuk mengetahui anggota-anggota dengan status terlambat. Informasi yang ditampilkan dalam fasilitas ini adalah Member ID, Member Name, Title, lama keterlambatan, Loan Date, Due Date. Dengan Menu ini pula kita dapat melakukan pencetakan dan pencarian data keterlambatan. Pencarian data keterlambatan dilakukan berdasarkan kategori Member ID/Member Name, Loan Date From, Loan Date Until.
figure image/sirk-loanover.png
Figure 8.8 Figure 8.8 Loan Overdued

19.68.6 Menu Reserve

Menu ini digunakan untuk melihat daftar koleksi yang sedang di pesan oleh anggota. informasi yang ada dalam menu ini adalah: Item Code, Title, Member, Reserve Date
figure image/sirk-reserv.png
Figure 8.9 Figure 8.9 Daftar Koleksi di Pesan dan Anggota Pemesan

209 Stoke Take

I have always imagined that Paradise will be a kind of library. --Jorge Luis Borges
Modul Stock Take merupakan fasilitas yang ada di SLiMS untuk membantu para pustakawan melakukan kegiatan stock opname. Ketika proses stock opname dimulai, semua koleksi kecuali yang sedang dipinjam (berstatus on loan) akan dianggap hilang, lalu masuk ke dalam menu current lost item sampai koleksi yang bersangkutan di cek pada proses stock take. Menu-menu yang terdapat pada modul ini adalah:

20.19.1 Menu Stock Take History

Berisi laporan stock opname yang telah dilakukan. Informasi dalam menu ini adalah: Stock Take Name, Start Date, end Date, Report. Report berisi link ke dokumen berbentuk .html yang berisi laporan Stock take yang pernah dilakukan.
figure image/stocktake_history.png
Figure 9.1 Figure 9.1 Stock Take History

20.29.2 Menu Initialize

Menu Initialize digunakan untuk memulai stock opname. Pada menu ini, terdapat sub-sub menu:
figure image/stocktake_initilaize.png
Figure 9.2 Figure 9.2 Initialize
figure image/stocktake_initialized.png
Figure 9.3 Figure 9.3 Proses Initialize
Setalah proses Initialize dilakukan, maka menu current stoke take dan stock take report akan berfungsi sebagai menu untuk melakukan kegiatan stock take ditambah dengan adanya menu menu tambahan yang akan digunakan untuk melakukan kegiatan stock take, yaitu menu Finish Stock Take, Current Lost Items, Stock Take Log, Resyncronize. (Lihat gambar)

20.39.3 Menu Current Stock Take

Menu itu adalah menu utama untuk melakukan stock take. Menu ini digunakan untuk mengembalikan status koleksi perpustakaan yang dianggap hilang oleh sistem, ke status exist (koleksi dinyatakan ada). Pada menu ini, item id (nomor barcode) koleksi menjadi acuan utama untuk mengubah status koleksi yang dianggap hilang menjadi exist (ada), Caranya dengan memasukan nomor barcode koleksi tersebut pada kolom Item Code. Menu ini akan berfungsi apabila telah dilakukan proses Initialize.
Pada stable11, terdapat fitur List stocktakes by: yang dapat dipilih Current User Only, yang berarti daftar item yang terlihat adalah yang distocktake oleh user yang bersangkutan. Atau All User, berarti daftar item yang distocktake adalah item yang distocktake oleh semua user yang melakukan stocktake.
figure image/stocktake_current3.png
Figure 9.4 Figure 9.4 Current Stock Take

20.49.4 Menu Stock Take Report

Menu ini untuk melihat hasil dari kegiatan stocke take yang telah dilakukan. Bentuknya berupa laporan (report) yang memuat informasi tentang jumlah koleksi yang hilang, yang sedang dipinjam dan sebaginya. Menu ini tidak berfungsi apabila proses Initialize belum dilakukan.
figure image/stocktake_report1.png
Figure 9.5 Figure 9.5 Stockt Take Report

20.59.5 Finish Stock Take

Klik link ini apabila kita telah selesai melakukan stock opname. Didalam menu ini, terdapat sub menu Purge Lost Item. Apabila kita memberikan tanda cek pada Yes, maka data item pada bibliography yang berada dalam Current Lost Item akan ditandai dengan “Missing”.
figure image/stocktake_finish.png
Figure 9.6 Figure 9.6 Finish Stock Take

20.69.6 Current Lost Items

Isi menu ini merupakan daftar dari koleksi yang dianggap hilang pada saat stock opname selain koleksi yang dipinjam.
figure image/stocktake_current_lost.png
Figure 9.7 Figure 9.7 Current Lost Item

20.79.7 Stock take Log

Fungsi menu ini adalah untuk mengetahui rekaman (Log) saat melakukan proses stock take
figure image/stocktake_log.png
Figure 9.8 Figure 9.8 Stock Take Log

20.89.8 Resyncronize

Menu ini digunakan untuk melakukan sinkronisasi data bibliografi yang diedit pada saat berlangsung kegiatan stock take dengan data bibliografi yang ada pada modul stock take. Tujuannya adalah ketika kita melakukan editing data bibliografi saat dilakukannya proses stock take, maka untuk menghasilkan perubahan pada data bibliografi yang terdapat di modul stock take, perlu dilakukan resinkronisasi data. Klik tombol Resyncronize begitu perubahan data bibliografi sudah dilakukan.
figure image/stocktake_resyncronize.png
Figure 9.9 Figure 9.9 Resyncronize

20.99.9 Upload List

Menu ini digunakan untuk melakukan stock take otomatis dengan memanfaatkan file data item. Untuk dapat menggunakan Upload List, pertama data item senayan harus dieksport, kemudian khusus item disimpan dalam file .txt secara berbaris.
figure image/stock-fileuploadlist.png
Figure 9.10 Figure 9.10 Contoh File .txt untuk Upload List
figure image/stock-uploadlist.png
Figure 9.11 Figure 9.11 Tampilan Upload List

2110 Reporting

Librarians are subversive. You think they’re just sitting there at the desk, all quiet and everything. They’re like plotting the revolution. --Michael Moore
Reporting Modul ini berisi informasi laporan kegiatan perpustakaan. Informasi tersebut dapat diakses dengan menekan menu yang terdapat pada navigasi sebelah kiri. Menu tersebut:

21.110.1 Collection Statistic

Berisi informasi total judul koleksi, total item, total item yang sedang dipinjam, total item yang berada di perpustakaan (tidak dipinjam), total judul berdasar GMD, total items berdasar tipe koleksi dan 10 (sepuluh) koleksi paling populer (paling banyak dipinjam).
figure image/rep-colstat.png
Figure 10.1 Figure 10.1 Tampilan Statistik Koleksi

21.210.2 Loan Report

Berisi informasi seputar peminjaman. Terdiri dari: total peminjaman, peminjaman berdasar GMD, peminjaman berdasar tipe koleksi, total transaksi peminjaman, rata-rata transaksi per hari, anggota yang sedang mempunyai pinjaman, anggota yang tidak mempunyai pinjaman, dan total peminjaman yang terlambat.
figure image/rep-loanrep.png
Figure 10.2 Figure 10.2 Loan Report Menu

21.310.3 Membership Report

Berisi informasi keanggotaan, yaitu: total anggota yang terdaftar, total anggota aktif, total anggota berdasar tipe anggota, total anggota yang tidak aktif dan daftar 10 (sepuluh) anggota teraktif.
figure image/rep-memrep.png
Figure 10.3 Figure 10.3 Member Report
Laporan yang ada dalam tiga menu tersebut dapat diperoleh dalam format .html dan dapat dicetak dengan klik tombol Download Report
Mulai Senayan3-stable14, ketiga jenis laporan ini dilengkapi dengan fitur cetak grafik berjenis Pie. Untuk mendapatkan Grafik ini cukup dengan klik Show in Chart/Plot yang muncul pada ketiga jenis laporan ini (Collection Statistic, Loan Report dan Membership Report).
figure image/rep-pie1.png
Figure 10.4 Figure 10.4 Show in chart/plot
figure image/rep-pie2.png
Figure 10.5 Figure 10.5 Tampilan Pie

21.410.4 Customs Recapitulations

Menu ini menampilkan hasil rekapitulasi koleksi berdasar Classification, GMD, Colection Type atau Language. Pilihan ini dapat kita tentukan dengan memilih filter rekapitulasi yang tersedia. Senayan juga telah mendukung rekap untuk klasifikasi yang bukan didasarkan pada angka desimal. Misalnya REF untuk referensi.
figure image/rep_classrep.png
Figure 10.6 Figure 10.6 Class Recap
Pada modul Report mulai Senayan3-Stable10, ada pengembangan untuk memudahkan pengguna Senayan dalam membuat sebuah modul laporan baru.
Pada folder /senayan3-stable10/admin/modules/reporting/custom/ terdapat file customs_report_list.inc.php. Pada file inilah modifikasi dan penambahan report bisa dilakukan.
Custom Recapitulation menyediakan fasilitas Print Current Page untuk mencetak laporan, serta “Export to spreadsheet format” untuk mendapatkan laporan dalam bentuk spreadsheet.

21.510.5 Titles List

Berisi laporan/daftar judul yang dimikili oleh perpustakaan. Dalam menu ini terdapat fasilitas untuk mengurutkan dan mencetak, serta memfilter koleksi yang diinginkan. Pada menu ini, dapat pula dilakukan filtering dengan menuliskan Title/ISBN, atau dengan menampilkan fasilitas filter lainnya. Caranya dengan klik Show More Filter Options. Fasilitas filter yang ada adalah: Title/ISBN, Author, Classification, GMD, Langage dan Location, serta dapat ditentukan jumlah tampilan tiap halaman.
figure image/rep-title.png
Figure 10.7 Figure 10.7 Laporan Judul
Fitur ini juga mengediakan fasilitas unduh file dalam bentuk spreadsheet. File dapat didapatkan dengan klik “Export to spreadsheet format”.

21.610.6 Items title List

Berisi laporan/daftar item yang dimikili oleh perpustakaan. Dalam menu ini terdapat fasilitas untuk mengurutkan dan mencetak. Pada menu ini, dapat pula dilakukan filtering dengan menuliskan Title/ISBN, atau dengan menampilkan fasilitas filter lainnya. Caranya dengan klik Show More Filter Options. Fasilitas filter yang tersedia adalah: Title/ISBN, Item Code, Classification, Collection Type, Item Status, Location. Fasilitas filter ini dapat di sembunyikan dengan klik Hide Filter Option
figure image/rep-item.png
Figure 10.8 Figure 10.8 Laporan Item Title List

21.710.7 Item Usage

Merupakan laporan yang menginformasikan item, title dan berapakali item tersebut dipinjam pada setiap bulannya. Item usage ini dapat pula difilter dengan Title/ISBN, Item code atau Year.
figure image/itemusage.png
Figure 10.9 Figure 10.9 Item Usage

21.810.8 Loan by Classification

Merupakan laporan peminjaman berdasar Klasifikasi. Selain kelas 0-9, pada laporan ini juga dimungkinkan pelaporan berdasarkan kelas 2X dan Non Decimal Class. Loan by Class ini dapat difilter dengan Class, Colection Type dan Year.
figure image/loanbyclass2.png
Figure 10.10 Figure 10.10 Loan by Class
Fitur ini juga mengediakan fasilitas unduh file dalam bentuk spreadsheet. File dapat didapatkan dengan klik “Export to spreadsheet format”.

21.910.9 Member List

Berisi laporan/daftar anggota perpustakaan. Dalam menu ini terdapat fasilitas untuk mengurutkan dan mencetak. Selain itu, terdapat pula fasilitas filter, yaitu: berdasar Membership Type, Member ID/Member Name, Gender, Address, Register Date From, Register Date Until.
figure image/rep-member.png
Figure 10.11 Figure 10.11 Laporan Member List
Fitur ini juga mengediakan fasilitas unduh file dalam bentuk spreadsheet. File dapat didapatkan dengan klik “Export to spreadsheet format”.

21.1010.10 Loan List by Member

Merupakan laporan yang berisi daftar koleksi yang masih di pinjam Anggota.
figure image/rep-hystori.png
Figure 10.12 Figure 10.12 Loan list by Member

21.1110.11 Loan History

Berisi laporan/daftar sejarah peminjaman perpustakaan. Dalam menu ini terdapat fasilitas untuk mengurutkan dan mencetak. Pada menu ini, dapat pula dilakukan filtering dengan menuliskan Member ID/Member Name, atau dengan menampilkan fasilitas filter lainnya. Caranya dengan klik Show More Filter Options
figure image/rep-loanhys.png
Figure 10.13 Figure 10.13 Laporan Loan History
Fitur ini juga mengediakan fasilitas unduh file dalam bentuk spreadsheet. File dapat didapatkan dengan klik “Export to spreadsheet format”.

21.1210.12 Overdued List

Berisi laporan/daftar keterlambatan pengembalian anggota perpustakaan. Dalam menu ini terdapat fasilitas untuk mengurutkan dan mencetak.
figure image/rep-overdu.png
Figure 10.14 Figure 10.14 Laporan Overdue

21.1310.13 Staff Activity

Menu ini memperlihatkan aktifitas Staff perpustakaan yang mempunyai account di aplikasi Senayan. Informasi yang ditampilkan adalah Username, Login Name, Bibliografy data entry, Item data Entry, Member data entry, dan Circulation. Jadi dengan menu ini akan terlihat staff melakukan apa dan berapa kali.
Untuk memperakurat informasi, disediakan pula filter yang memungkinkan kita melihat aktifitas dari tanggal awal sampai akhir (seperti yang ditentukan).
figure image/rep_staffactv.png
Figure 10.15 Figure 10.15 Staff Activity

21.1410.14 Visitor Statistic

Merupakan laporan yang berisi statistik pengunjung perpustakaan --yang melakukan pendataan pada saat masuk perpustakaan melalui fasilitas absensi--. Laporan ini berisi Member Type, dan jumlah kunjungan pada tiap bulan pada tahun yang ditentukan. Penentuan laporan berdasar tahun ini dapat dilakukan melalui Filter.
figure image/rep-visit stat.png
Figure 10.16 Figure 10.16 Visitor Statistic

21.1510.15 Visitor Statictic by day

Merupakan laporan jumlah pengunjung berdasarkan hari.
figure image/rep-visbyday.png
Figure 10.17 Figure 10.17 Visitor by Day

21.1610.16 Visitor List

Laporan ini berisi daftar nama anggota atau non anggota perpustakaan yang berkunjung ke perpustakaan. Informasi pada laporan ini berisi Member ID, Member Name, Member Type, Institution dan Visit date.
figure image/rep-visit list.png
Figure 10.18 Figure 10.18 Visitor List
Penjelasan mengenai fitur absen, silakan lihat pada bagian Absen.

21.1710.17 Fines Report

Merupakan laporan jumlah denda anggota perpustakaan berdasar hari.
figure image/rep-finesrep.png
Figure 10.19 Figure 10.19 Fines Report

21.1810.18 Due date Warning

Fitur ini berisi informasi peminjam koleksi perpustakaan yang dalam 3 hari ini akan tepat pada batas peminjaman.
figure image/report-duedatewarning.png
Figure 10.20 Figure 10.20 Due date Warning

2211 Serial Control

“Open Source is about respecting others people creation, sharing knowledge and trying not to use piracy program” (Arie Nugraha)
Serial Control mulai ada sejak Senayan3-Stable10. Fitur ini digunakan untuk mengelola koleksi serial/majalah/terbitan berseri yang dilanggan oleh perpustakaan. Modul Serial Control sudah mendukung perpustakaan untuk mengelola lebih dari satu kopi langganan (dari lebih dari satu vendor) untuk setiap judul majalah. Fungsi Serial Control dapat diakses lewat menu administrasi dengan mengklik Serial Control.
Modul Serial Control baru berjalan jika data ada bibliografi untuk judul majalah yang dilanggan. Informasi yang membedakan antara data bibliografi majalah dengan jenis dokumen lainnya adalah frekuensi/kala terbit serial. Jika tidak ada data dalam tabel bibliografi yang memiliki data kala terbit maka fungsi ini tidak akan pernah berfungsi.
Tampilan awal modul ketika diaktifkan akan menunjukkan daftar majalah yang dimiliki perpustakaan meliputi judul dan kala terbitnya. Perbaikan data bibliografi serial bisa dilakukan untuk mengklik judul serial. Jendela data bibliografi akan ditampilkan untuk memberi kesempatan perbaikan.
Untuk menampilkan daftar item yang dilanggan gunakan icon folder disebelah kanan atas daftar. Penggunaan kardex harus dimulai dengan melakukan inisasi terlebih dahulu. Inisialisasi data kedatangan majalah yang dilanggan dimaksudkan untuk mengidentifikasi awal jumlah item yang diharapkan akan diterima, perkiraan waktu datang item/edisi. Klik ikon di pojok kanan atas daftar untuk memulai inisialisasi kardex.
figure image/serial-subscribe-baru.png
Figure 11.1 Figure 11.1 Pembuatan kardex
Jika proses penyimpanan data kardex berhasil, jendela berikut akan ditampilkan. Klik ’OK’ untuk kembali menampilkan daftar berlangganan untuk judul bersangkutan.
figure image/serial-inisalisasi-sukses.png
Figure 11.2 Figure 11.2 Penyimpanan Kardex
figure image/serial-daftar-langganan.png
Figure 11.3 Figure 11.3 Kardex yang tersimpan
Memulai mengisi Kardex
Ketika serial/majalah yang dilanggan tiba diperpustakaan, buka daftar kardek dengan mengklik link “View/Edit Kardex Detail”.
Kardex SLiMS menyediakan 4 kolom informasi: 1.tanggal perkiraan kedatangan Tanggal ini otomasis diisi pada saat inisialisasi kardex. Jumlah baris yang ditampilkan sesuai dengan jumlah eksemplar yang di isi pada saat inisialisai. Jika dibutuhkan, tanggal ini dapat diperbaiki dengan mengklik ikon kalender 2.tanggal diterima perpustakaan Ketika majalah diterima di perpustakaan isi kolom “date received” dengan tanggal terima majalah 3.nomor urut edisi yang diterima Penomoran edisi majalah bisa di lengkapi di kolom penomoran untuk memberikan informasi yang lebih lengkap tentang edisi yang diterima 4.catatan Jika diperlukan, catatan bisa digunakan untuk mengidentifikasi siapa yang menerima edisi, kondisi dokumen ketika diterima dan sebagainya. Klik link ’CLOSE’ jika sudah mengupdate tanggal terima dan lanjutkan dengan edisi judul majalah baru lainnya.
figure image/serial-kardex.png
Figure 11.4 Figure 11.4 Mengisi Kardex
Catatan: Jangan lupa untuk mengklik tombol ’Save’ ketika melakukan perubahan data kardex. Jika tidak perubahan yang telah dilakukan akan diabaikan.

2312 System

The library is an arena of possibility, opening both a window into the soul and a door onto the world. --Rita Dove
Modul Systems ini terdiri dari:

23.112.1 Menu System Configuration

Form di sini dapat anda gunakan untuk melakukan pengubahan preferensi global aplikasi Senayan, seperti Library Name, Public Template (tampilan OPAC), Default Application Language, Admin Template (tampilan Admin), Number of Collections to Show in OPAC Result List (jumlah koleksi yang akan ditampilkan pada setiap halaman di OPAC), Show Promoted Titles at Homepage (menampilkan Judul dalam halaman awal), Disable/Enable Quick Return (untuk memperbolehkan pengembalian koleksi dengan metode cepat), Loan Limit Overrride (Pengabaian Batas Pinjam), Disable/Enable detail XML di OPAC, Disable/Enable hasil XML di OPAC, seting Allow (mengijinkan) atau Forbid (melarang) pengunjung/pengguna untuk mengunduh file attachment di OPAC, Session Login Timeout, serta Barcode Encoding. Dalam menu ini pula, kita dapat melihat versi senayan yang kita gunakan.
figure image/sys-config.png
Figure 12.1 Figure 12.1 Konfigurasi Global Senayan
Fitur Show Promoted Titles at Homepage pada Modul System ini, jika di chek box, maka tampilan depan OPAC akan kosong, kecuali jika ada data bibliografi yang diset untuk di tampilkan pada halaman depan. Lihat menu add new bibliografi pada modul bibliografi.
Mulai Senayan3-stable11, terdapat fitur untuk menentukan tanggal pinjam dan kembali secara manual. Fitur ini dapat diaktifkan melalui Modul System Configuration, bagian Loan and Due Date Manual Change. (Penggunaan fitur ini lihat pada bagian Modul Circulation)

23.212.2 Menu Content

Menu ini digunakan untuk mengubah tampilan content aplikasi senayan. Secara default, tampilan yang sudah ada dan dapat dimodifikasi dalam menu ini adalah: Homepage info, terletak di bagian depan OPAC -ketika di klik home-. Welcome to admin page, tampilan awal ketika masuk ke menu admin (Senayan Managemen Console). Help on usage, pada OPAC. Library Information, juga ada pada OPAC.
figure image/sys-conten.png
Figure 12.2 Figure 12.2 Konfigurasi Menu Content secara default
figure image/sys-adconten.png
Figure 12.3 Figure 12.3 Menambah Content
figure image/sys-cont-tampil.png
Figure 12.4 Figure 12.4 Tampilan conten yang baru di buat
figure image/sys-tamp-con 1.png
Figure 12.5 Figure 12.5 URL untuk menampilkan content
Silakan melihat URL untuk menampilkan content di atas. Terlihat path yang dibuat pada content yang baru yaitu ’pustakawan’. Untuk menampilkan conten dengan path pustakawan ini, maka kita perlu menuliskan url:
Url ini dapat kita buat pada menu di opac dengan mengedit template.

23.312.3 Menu Biblio Indexes

Menu ini digunakan untuk melakukan index pada database bibliografi yang adalam SLiMS. Dengan adanya proses index ini maka performa pencarian dalam SLiMS dapat meningkat.
figure image/system-index.png
Figure 12.6 Figure 12.6 Fasilias Index Bibliografi pada Modul System
Terdapat tiga fungsi pada menu ini:

23.412.4 Menu Modules

Didalamnya terdiri dari Module List (melihat daftar module), search (mencari module), Edit dan Delete Modul serta Add New Module (menambah module). Untuk menambah module, folder modul yang sudah ada diletakkan dalam folder admin/modules/. Kemudian klik Add New Modules, isikan informasi modul baru, yaitu: Module Name (nama modul), Module Path (path/letak modul), Module Description (deskripsi singkat modul), kemudian klik Save.
figure image/sys-modulist.png
Figure 12.7 Figure 12.7 Module List
figure image/sys-newmod.png
Figure 12.8 Figure 12.8 Add New Module

23.512.5 Menu System User

Merupakan fasilitas untuk menentukan user yang dapat mengakses sistem sesuai dengak haknya masing-masing. User ini nantinya dapat melakukan Login sesuai dengan username dan password-nya masing-masing. Dalam menu ini terdapat beberapa fasilitas: Add New User (menambah user), Users List (melihat daftar user), Search (mencari user), Edit dan delete user. Untuk menambah user baru, klik Add New User, kemudian isikan Login Username, Real Name, Groups, Password.
figure image/sys-addsysuser.png
Figure 12.9 Figure 12.9 Tambah User

23.612.6 Menu User Groups

Merupakan fasilitas untuk mendefinisikan Groups dari User. Dalam User Groups ini anda bisa membuat pengelompokan User-user system anda serta memberikan hak baca (Read) atau Tulis (Write) pada modul-modul Senayan. Setiap User pada Senayan bisa bergabung ke lebih dari satu grup.
figure image/sys-usergroup.png
Figure 12.10 Figure 12.10 Contoh Group di Senayan

23.712.7 Menu Holiday Setting

Merupakan fasilitas untuk menentukan hari-hari libur dimana perpustakaan tidak membuka pelayanan. Pendefinisian hari libur ini akan perpengaruh pada perhitungan hari kerja/buka aktif perpustakaan dan perhitungan denda. Ada dua jenis hari libur yang dapat didefinisikan dalam menu ini, hari libur rutin (senin s.d minggu) dan hari libur khusus (didefinisikan dengan tanggal, bulan dan tahun).
figure image/sys-holset.png
Figure 12.11 Figure 12.11 Set Holiday
figure image/sys-addspechol.png
Figure 12.12 Figure 12.12 Add Special Holiday
Untuk Set Holiday, pustakawan tinggal memilih hari yang merupakan hari libur rutin. Sedangkan untuk Add Special Holiday, pustakawan dapat menentukan tanggal, bulan , tahun serta keterangan hari libur. Selain itu, special holiday juga dapat diseting dengan kisaran waktu libur (tanggal mulai sampai tanggal selesai libur).

23.812.8 Menu Barcode Generator

Merupakan fasilitas untuk membuat barcode (kode batang).
figure image/sys-barc-awal.png
Figure 12.13 Figure 12.13 Form untuk membuat barcode
figure image/sys-barcode.png
Figure 12.14 Figure 12.14 Hasil barcode dari Barcode Generator
Masukkan kode-kode yang akan dibuat menjadi barcode pada kolom-kolom yang ada dilayar. Tentukan ukuran barcode (Small, Medium, atau Big), kemudian klik tombol Generate Barcode. Maka barcode dapat dilihat dalam bentuk .html dan dapat dicetak dalam printer. Default encoding barcode yang digunakan adalah 128B. Anda dapat merubah encoding barcode ini pada file konfigurasi global Senayan, sysconfig.inc.php. Temukan baris yang tertulis:
$sysconf[’barcode_encoding’] = ’128B’;
Ubah nilai 128B menjadi tipe encoding yang anda inginkan. Pastikan direktori images bisa ditulis oleh web server anda.
Catatan:
Karakter yang dapat diproses dalam Barcode Generator hanyalah kumpulan angka dan huruf.

23.912.9 Menu System Logs

Merupakan menu untuk melihat rekaman proses yang dilakukan oleh Senayan. Rekaman yang muncul adalah Time (waktu), Location (lokasi -nama modul-), dan Message (keterangan). Message yang muncul dalam System Logs ini meliputi Siapa (User/Administrator), melakukan apa dan dari mana.
figure image/sys-log.png
Figure 12.15 Figure 12.15 System Logs
Ketika aplikasi Senayan ini sudah lama digunakan, maka secara otomatis log proses kerja Senayan juga akan bertambah banyak. Oleh karena itu, dalam menu System log ini, diberikan fasilitas SAVE LOGS TO FILES. Proses ini akan menyimpan log yang ada, dan kemudian kita bersihkan layar dengan klik CLEAR LOGS.

23.1012.10 Menu Backup Database

Merupakan fasilitas untuk membuat cadangan (backup) database Senayan. Untuk dapat membuat cadangan, perlu terlebih dahulu didefinisikan letak/path file mysqldump. Caranya adalah dengan mengedit file sysconfig.inc.php. Cari baris yang tertulis:
$sysconf[’mysqldump’] = ’/usr/bin/mysqldump’;
gantilah /usr/bin/mysqldump sesuai dengan letak mysqldump di komputer server. Setelah path mysqldump tepat, klik Start New Backup maka Senayan akan membuat cadangan secara otomatis. Format file cadangan yang dibuat Senayan adalan .sql dan diberi nama sesuai tanggal pembuatan, misalnya: backup_20080501_123106.sql. Nama file cadangan di atas berarti: dibuat pada tanggal 1 bulan 5 tahun 2008, pada pukul 12:31:06.
catatan: untuk melakukan backup ini, user database mysql harus mempunyai hak LOCK TABLES

2413 Master File Topic

When I got my library card, that’s when my life began. --Rita Mae Brown
Dalam modul Master File kita dapat memasukkan data yang dapat digunakan sebagai master dalam entry data bibliografi. Data-data yang dapat kita definisikan dalam modul Master File ini adalah:
figure image/master-subjec-new.png
Figure 13.1 Figure 13.1 Master File-Subject
*) Publisher, Author dan Subject selain dapat diisikan lewat Master File juga dapat diisikan saat mengisi data bibliografi.
Pada Senayan3-Stable15/Matoa ada fitur baru yang dikelompokkan pada Peralatan. Fitur tersebut adalah Orphaned Author dan Orphaned Subject.
Kedua fitur ini digunakan untuk memfilter pengarang/author serta subyek yang ada dalam database SLiMS, namun tidak digunakan. Ketika telah difilter dengan cara klik Orphaned Author atau Orphaned Subject, akan muncul daftar subyek atau pengarang yang tidak digunakan. Jika anda ingin menghapus, silakan pilih beberapa atau semua kemudian Delete.
figure image/master-orphaned.png
Figure 13.2 Figure 13.2 Fitur Orphaned

2514 Opac (Online Public Access Catalog)

The library is not only a diary of the human race, but marks an act of faith in the continuity of humanity. --Vartan Gregorian
OPAC ( Online Public Access Catalog ), merupakan sarana penelusuran yang diperuntukkan bagi user. OPAC dalam Senayan ini terdiri dari Simple Search (pencarian sederhana), Advanced Search (pencarian canggih), navigasi Library Information (informasi tentang perpustakaan), navigasi Help on Search dan Librarian Login. Pada Simple Search, pencarian dapat dilakukan dengan mengetikkan kata kunci (judul, pengarang, subyek...) pada kolom yang tersedia. Sedangkan pada Advanced Search terdapat tiga kolom pencarian yaitu: khusus Title, khusus Author, ISBN/ISSN dan khusus Subject. Untuk memperoleh ketepatan pencarian disediakan pula pilihan Location, Collection Type dan GMD. Informasi pada Library Information dapat disesuaikan dengan perpustakaan/institusi terkait dengan mengedit file libnfo.inc.php yang terletak pada folder lib. Sementara untuk mengubah Help on Search, dilakukan dengan mengedit file help.inc.php yang terletak pada folder lib. Tampilan awal hasil pencarian bibliografi di dalam OPAC memuat gambar/image, judul, Pengarang. Selain itu ditambah dengan tombol Detail (untuk melihat detail data bibliografi) dan XML (untuk mendapatkan format XML). Tampilan Detail, memuat informasi Title (judul), Edition, Call Number, ISSN/ISBN, Author (pengarang), Topics, Classification, Series, Title, GMD, Language (bahasa), Publisher (penerbit), Publish Year (tahun terbit), Publish Place (tempat terbit), Collation, Abstrac/Notes, Location, Image (gambar) dan File Attachment yang dapat diunduh, Availability (ketersediaan: berisi informasi total item, item tersedia dan item terpinjam), Topics dan Author memiliki fasilitas keterkaitan antar dokumen. Jadi ketika kita klik Topics atau author dalam Detail OPAC maka akan muncul dokumen dengan topik atau pengarang yang sama.
Dalam OPAC ini pula, di berikan fasilitas untuk mengubah bahasa pengantar. OPAC Senayan telah mempunyai 5 bahasa pengantar; yaitu Arab, Indonesia, Inggris, Jerman dan Spanyol.
figure image/template_default.png
Figure 14.1 Figure 14.1 Opac
figure image/opac_det.png
Figure 14.2 Figure 14.2 Detail Opac
figure image/opac_xml.png
Figure 14.3 Figure 14.3 XML Opac

25.114.1 Custom Field Record List

Pada Aplikasi Senayan stable 8 ini, ditambahi dengan fasilitas penampilan field record secara cuztomise. Penambahan ini dapat dilakukan dengan mengedit file custom_frontpage_record.inc.php yang terdapat pada folder template OPAC. Jadi jika anda ingin mengubah tampilan yang disediakan, dan anda menggunakan template default, anda harus mengedit file custom_frontpage_record.inc.php yang ada di template/default/. Isi dari file ini adalah:
// change "0" value to "1" to enable field
// $custom_fields[’edition’] = array(1, lang_mod_biblio_field_edition);
$custom_fields[’edition’] = array(0, lang_mod_biblio_field_edition); --> untuk menampilkan edisi
$custom_fields[’isbn_issn’] = array(0, lang_mod_biblio_field_isbn); --> untuk menampilkan ISBN
$custom_fields[’collation’] = array(0, lang_mod_biblio_field_collation); --> untuk menampilkan Colasi
$custom_fields[’series_title’] = array(0, lang_mod_biblio_field_series); --> untuk menampilkan Seri
$custom_fields[’call_number’] = array(1, lang_mod_biblio_field_call_number); --> untuk menampilkan call number
Caranya adalah dengan mengubah angka 0 menjadi angka 1

25.214.2 Tampilan Multimedia

File multimedia yang diupload pada modul Bibliografi akan ditampilkan pada modul OPAC senayan, berikut adalah contoh tampilan file .flv
figure image/multimed1.png
Figure 14.4 Figure 14.4 Tampilan multimedia

25.314.3 Tampilan PDF Streaming

Mulai Stable13, Senayan telah mendukung tampilan dokumen lampiran dalam bentuk streaming. Untuk menampilkan dibutuhkan Flash Player pada browser yang digunakan.
figure image/opac_pdfstreaming.png
Figure 14.5 Figure 14.5 Tampilan PDF Streaming

25.414.4 Boolean Logic di OPAC

Mulai Senayan3-stable10, sistem pencarian di OPAC sudah mendukung logika boolean. Pada proses pencarian dapat digunakan operator OR, NOT dan AND.
Misalnya: subject=politik NOT politic, hasilnya adalah politik tanpa memunculkan politic. title=mapping AND author=dwikorita, hasilnya adalah koleksi yang berjudul mapping dan pengarangnya dwikorita.
figure image/boolean.png
Figure 14.6 Figure 14.6 Boolean Logic

25.514.5 Member Area

Mulai Senayan3-Stable12, senayan mempunyai fitur Member Area. Perubahan besar di Member Area terjadi di Stable 15/Matoa. Pada fitur ini anggota dapat melakukan login dengan menggunakan ID anggota dan password yang sebelumnya sudah ditentukan oleh pustakawan sewaktu input data anggota. Pada Stable12 ketika anggota login, anggota dapat melihat koleksi yang dipinjam, serta melakukan penggantian password. Namun pada Stable15/Matoa fasilitas ini diperluas dengan fasilitas mengunduh daftar pinjaman, mengunduh daftar riwayat peminjaman, serta pemesanan via Email.
figure image/opac-memberlogin.png
Figure 14.7 Figure 14.7 Tampilan Menu Login Anggota
figure image/opac-login-logout.png
Figure 14.8 Figure 14.8 Tampilan identitas Anggota yang Log-in
figure image/opac-memberarea.png
Figure 14.9 Figure 14.9 Informasi Anggota, Peminjaman dan Sejarah peminjaman + download daftarnya
figure image/opac-memberarea1.png
Figure 14.10 Figure 14.10 Informasi Sejarah peminjaman, keranjang judul dan ubah password
Selain daftar riwayat peminjaman dan fasiltitas unduh, ada fitur Kerangjang Judul. Keranjang ini dapat diisi judul-judul yang menurut member menarik dan akan di pesan.
Cara pengisiannya adalah, dengan menuju ke halaman OPAC, muncul tampilan berikut:
figure image/opac-keranjang-depan.png
Figure 14.11 Figure 14.11 Mengisi keranjang Judul
Tampilan di atas, muncul jika anda melakukan login sebagai member. Untuk mengisi silakan contreng kotak di tiap akhir judul, lalu klik “Taruh Pilihan yang anda tandai ke keranjang”. Hasilnya adalah sebagai berikut.
figure image/opac-keranjang-isi.png
Figure 14.12 Figure 14.12 Isi Keranjang Judul anda
Untuk mengirim pesanan ke Pustakawan, silakan klik “Reservasi ditambahkan ke dalam Keranjang”. Maka jika berhasil akan muncul tampilan sebagai berikut [G→] [→G] untuk melakukan pengiriman pesanan via email, silakan lihat seting email di Tips dan Trik pada bagian Mensetting Email server. :
figure image/opac-sent-pesanan.png
Figure 14.13 Figure 14.13 Pesanan terkirim ke Email pustakawan
Pada email pustakawan akan muncul kiriman email sebagai berikut:
figure image/opac-reserv-email.png
Figure 14.14 Figure 14.14 Pesanan terkirim ke Email pustakawan

2716 Modul Presensi (Penghitungan Pengunjung Perpustakaan)

Modul ini dapat dipanggil melalui (sesuaikan dengan alamat SLiMS anda):
http://localhost/senayan3-stable14/?p=visitor
Tampilan modul ini adalah sebagai berikut:
figure image/absen-1.png
Figure 16.1 Figure 16.1 Tampilan Visitor Counter
Pengunjung perpustakaan dibedakan menjadi 3; Anggota yang sudah terdaftar dan masih aktif, anggota terdaftar dan tidak aktif (habis masa berlaku kartu anggota) dan pengunjung yang bukan anggota/tidak terdaftar.
Jika sudah terdaftar, maka pengunjung cukup menuliskan Member ID pada kolom atas, kemudian tekan Enter atau klik Add. Maka data sudah tersimpan 1 x kunjungan lengkap dengan jam dan tanggal kunjung. Jika anggota tidak aktif (tapi terdaftar), maka sistem akan memberitahukan bahwa masa keanggotaan anggota sudah expired. Namun jika bukan anggota terdaftar, maka harus secara manual menuliskan Nama dan Institusi (wajib).
Untuk keamanan dan validitas proses absensi pengunjung, Visitor Counter ini dapat di seting hanya komputer dengan Internet Protokol tertentu saja yang dapat mengakses. Pengaturan ini terdapat dalam file visitor.inc.php yang ada dalam
folder /senayan/lib/contents/visitor.inc.php. Scriptnya adalah sebagai berikut:
$allowed_counter_ip = array(’127.0.0.1’);
Pada script diatas, 127.0.0.1 merupakan IP address yang diijinkan untuk mengakses visitor counter. Jika ada lebih dari satu komputer maka IP Address komputer yang bersangkutan harus diisikan didalam script diatas. Misalnya, komputer dengan IP 10.45.1.1, 10.45.1.2 dan 10.45.1.3, maka penulisannya adalah:
$allowed_counter_ip = array(’10.45.1.1’, ’10.45.1.2’,’10.45.1.3’);
Laporan kunjungan ini dapat dilihat pada modul reporting. Namun demikian akses ke IP Server akan terganggu jika broser anda menggunakan proxy. Oleh karena itu, anda dapat menghapus seting proxy menuju server SLiMS anda.

2826 Tips dan Trik

Knowledge is free at the library. Just bring your own container. - Unknown

28.126.1 OAI-PMH Service

OAI-PMH hadir di SLiMS sejak SLiMS-5. Dengan fasilitas ini, maka OAI Server yang berkepentingan dengan data perpustakaan yang menggunakan SLiMS dapat mengambil data (memanen/harvesting). Misalnya dalam rangka bergabung dengan portal Garuda http://garuda.kemdiknas.go.id. Perpustakaan pengguna SLiMS, dapat mengupgrade SLiMSnya ke SLiMS-5 sehingga server Garuda dapat dengan mudah mengambil data secara otomatis. OAI-PMH mempunyai beberapa fungsi/kemampuan, diantaranya:
-------------- belum diisi
Cara mengaktifkan/penggunaan service ini adalah:
  1. Install/Upgrade SLiMS anda dengan SLiMS-5 Meranti
  2. Pastikan OPAC SLiMS dapat diakses melalui internet
  3. Setting fitur OAI-PMH agar enable bernilai “true”. Seting ini ada di file sysconfig.inc.php
figure image/syscon-oai-set.png
Figure 26.1 Figure 26.1 Seting OAI pada file sysconfig.inc.php
  1. Sampaikan url service OAI-PMH kepada yang berkepentingan. Url tersebut adalah: http://namadomainslims/oai.php?verb=ListRecords&metadataPrefix=oai_dc
figure image/tips-oai-detail.png
Figure 26.2 Figure 26.2 URL OAI-PMH SLiMS

28.226.2 Integrasi OPAC SLiMS dan Drupal

Ini adalah bagaimana-cara mengaktifkan modul slims-drupal pada PADA INSTALASI DRUPAL anda:
  1. Modul drupal bisa dicoba dengan mendownload berkas modul di http://slims.web.id/download/slims-drupal-1.0.zip.
  2. Ekstrak, letakkan di direktori sites/all/modules pada Drupal dan kemudian enable-kan pada administrasi modul Drupal.
  3. Setelah dienable jangan lupa masuk ke URL http://localhost/drupal/admin/settings/slims untuk meng-konfigurasi Base URL (instalasi SLiMS yang XML Result-nya di-enable-kan) record SLiMS yang akan diintegrasikan.
Modul slims-drupal adalah modul yang mengintegrasikan instalasi drupal anda dengan instalasi slims. dengan begitu, anda akan memiliki satu situs yang lebih komprehensif untuk kebutuhan perpustakaan yang anda kelola secara online.
figure image/tips-drupal.png
Figure 26.3 Figure 26.3 SLiMS Drupal
Selamat menikmati. Jangan lupa, apabila anda menemukan kutu pada modul ini, laporkan segera ke pengembang SLiMS melalui forum pengguna slims, http://slims.web.id/forum

28.326.3 Pengaturan Ukuran barcode, label, kartu anggota dan nota peminjaman

Setting ukuran barcode dan label dapat dilakukan dengan melakukan editing file printed_settings.inc.php yang terletak di /senayan3-stable7/admin/admin_template/ (sesuaikan dengan versi SliMS yang anda pakai)
Dalam file ini akan didapatkan baris-baris kode sebagai berikut:
// label print settings
/* measurement in cm */
$page_width = 50;
$page_height = 30;
$page_margin = 0.2;
$items_per_row = 3;
$items_margin = 0.05;
$box_width = 8;
$box_height = 3.3;
$include_header_text = 1; // change to 0 if dont want to use header in each label
$header_text = ’’; // keep empty if you want to use Library Name as a header text
// item barcode print settings
/* measurement in cm */
$barcode_page_width = 50;
$barcode_page_height = 30;
$barcode_page_margin = 0.2;
$barcode_items_per_row = 3;
$barcode_items_margin = 0.1;
$barcode_box_width = 7;
$barcode_box_height = 5;
$barcode_include_header_text = 1; // change to 0 if dont want to use header in each barcode
$barcode_cut_title = 50; // maximum characters in title to appear in each barcode. change to 0 if you dont want the title cutted
$barcode_header_text = ’’; // keep empty if you want to use Library Name as a header text
// member card print settings
/* measurement in cm */
$card_page_width = 50;
$card_page_height = 50;
$card_page_margin = 0.2;
$card_items_per_row = 2;
$card_items_margin = 0.1;
$card_box_width = 11;
$card_box_height = 6;
$card_header_text = $sysconf[’library_name’];
$card_photo_width = 3;
$card_photo_height = 3;
// barcode generator print settings
$barcodegen_page_width = 29.7;
$barcodegen_page_height = 21;
$barcodegen_page_margin = 0.2;
$barcodegen_items_margin = 0.05;
$barcodegen_include_border = 0;
/* Receipt Printing */
$receipt_width = ’15cm’;
$receipt_font = ’serif’;
$receipt_color = ’#000’;
$receipt_margin = ’5px’;
$receipt_padding = ’5px’;
$receipt_border = ’1px dashed #000’;
$receipt_fontSize = ’7pt’;
$receipt_header_fontSize = ’8pt’;
$receipt_titleLength = 100;
?>
Jika anda menginginkan setingan untuk barcode, label dan kartu anggota berbeda pada tiap template, maka anda dapat mengcopi file print_settings.inc.php ke dalam tiap template admin, dan mengubahnya sesuai selera anda.

28.426.4 Pencarian di OPAC dengan kata kunci minimal 3 huruf?

  1. Buka file my.ini yang terletak di /mysql/my.ini Pada baris 43 tuliskan script berikut:
ft_min_word_len=3 
  1. Kemudian simpan dan restart server mysql.
  2. Bukalah database Senayan dengan phpmyadmin
  3. Klik tabel biblio, kemudian lihat bagian Indexes pada bagian bawah. Anda akan menemukan keyname title_ft dengan field title. Hapus baris tersebut dengan klik X.
figure image/3.png
Figure 26.4 Figure 26.4 Menghapus index title_ft
  1. Kemudian pada “Create an Index on” isikan 1 dan klik Go, akan muncul tampilan sebagai berikut:
figure image/4.png
Figure 26.5 Figure 26.5 Penambahan Index MySql
  1. Isilah kolom kosong diatas sehingga menjadi seperti berikut
figure image/2.png
Figure 26.6 Figure 26.6 Hasil Penambahan Index MySql
Yang perlu anda ubah adalah: index name, index type dan Field Klik SAVE. Restart Mysql anda, dan OPAC Senayan sudah dapat mencari dengan kata kunci 3 karakter.

28.526.5 Tutorial Upgrade Aplikasi Perpustakaan Senayan

Pada kali ini, tim Senayan Developer Community akan memberikan tips dan trik bagaimana melakukan upgrade penggunaan Senayan dari versi lama hingga versi terkahir. perlu diketahui pada tanggal 13 Maret 2008, Senayan dirilis ke publik dan diberi nama pengembangannya Senayan3-Stable1. Hingga saat ini Senayan yang telah dirilis hingga Stable10. Banyak sekali perbaikan perbaikan bugs serta penambahan fitur dan modul di saat pertama kali rilis hingga saat ini. lalu muncul pertanyaan bagaimana jika kita telah menggunakan Senayan versi lama, dan ingin meng-upgrade ke versi terbaru? berikut ini kami berikan tips dan trik untuk melakukan upgrade Senayan versi lama ke versi yang terbaru.
Pertama, perlu diketahui upgrade Senayan harus dilakukan secara bertahap dan berurut. Contohnya jika kita telah menggunakan Senayan3-Stable1, maka untuk melakukan upgrade ke Senayan3 Stable9 harus dilakukan secara berurut sesuai dengan versi setingkat di atasnya. artinya lakukan upgrade dari Stable1 ke Stable2 terlebih dahulu, kemudian lanjut ke Stable3 dan seterusnya hingga ke Stable9.
Kedua, berikut ini cara-cara melakukan upgrade secara teknis.
- Upgrade menggunakan phpmyadmin
1. buka browser, ketikkan alamat http://localhost/phpmyadmin
figure image/upg-php1.png
Figure 26.7 Figure 26.7 Membuka phpmyadmin
2. masukan user name dan password anda.
3. pilih database senayan dengan cara mengklik nama databasenya.
figure image/upg-data-sen.png
Figure 26.8 Figure 26.8 Pilih database senayan
4. klik tab Import.
figure image/upg-import.png
Figure 26.9 Figure 26.9 Pilih tab import
5. klik browse.
figure image/upg-import2.png
Figure 26.10 Figure 26.10 Klik Browse
6. cari file upgrade_stable3.sql (jika anda menggunakan Senayan3-Stable2) dan cari file upgrade_stable4.sql (jika anda menggunakan Senayan3-Stable4), (harus bertingkat). file tersebut berada di path ../upgrade/old_sql/..
figure image/upg-pilih-upg.png
Figure 26.11 Figure 26.11 Pilih data untuk upgrade
7. lalu klik Go.
8. ulangi langkah no 6 dan 7 sampai ke upgrade_stable10_patch1.sql.
9. lalu lakukan editing ulang pada file sysconfig.inc.php yang ada di Senayan3-Stable9. sesuaikan konfigurasinya dengan sysconfig.inc.php yang ada pada Senayan versi lama yang anda gunakan. Sesuaikan pula letak file mysqldump anda (letakknya juga di file sysconfig.inc.php).
figure image/upg-sys-edit.png
Figure 26.12 Figure 26.12 Edit sysconfig.inc.php
10. Copy dan paste images dan files yang ada pada Senayan versi lama (yang anda gunakan saat ini) ke Senayan versi terbaru.
figure image/upg-fil-img.png
Figure 26.13 Figure 26.13 Copi folder FILE dan IMAGES
11. buka browser baru, dan masukkan alamat untuk untuk mengakses Senayan versi terbaru anda.
figure image/upg-tampil.png
Figure 26.14 Figure 26.14 Tampilan Senayan Versi terbaru
12. selamat mencoba.

28.626.6 Mengubah dan menambahkan informasi pada Library Information di OPAC

Tips ini, mulai Senayan3-stable9 dipindah pada menu System --> Content

28.726.7 Mengubah dan menambahkan informasi pada Help on Search

Tips ini, mulai Senayan3-stable9 dipindah pada menu System --> Content

28.826.8 Mengubah/Membuat bahasa Pengantar baru

  1. Langkah pertama adalah mengunduh program PoEDIT
    • Unduh PoEdit dari http://www.poedit.net/ dan menginstalnya. Aplikasi ini tersedia dalam versi Window / Linux / Mac.
  2. Membuat Folder / Direktori baru “Bahasa”
    1. Buka direktori senayan3 \ lib \ lang \ locale
    2. Buat folder menggambarkan “bahasa” dan negara terjemahan tersebut. Misalnya singkatan en_US: untuk Inggris / Amerika Serikat. Meskipun tidak sangat diperlukan untuk menggunakan konvensi ini, akan lebih baik jika bisa mengikuti secara konsisten. Daftar kode-kode bahasa dapat dilihat di http://www.gnu.org/software/gettext/manual/gettext.html#Usual-Language-Codes dan kode singkatan untuk negara di http://www.gnu.org/software/gettext/manual/gettext.html#Country-Codes
    3. Masuk ke dalam folder baru tadi dan membuat folder lain yang disebut: LC_MESSAGES
    4. Misalkan yang dibuat adalah id_ID, maka sekarang di direktori tadi terdapat sesuatu seperti id_ID / LC_MESSAGES
  3. Membuat KATALOG untuk menciptakan terjemahan
    1. Mulai PoEdit
    2. Klik Menu "File"> "New Catalog"
      • Tab "Project info":
      • "Project Name and Version": (Opsional) Masukkan Senayan3
      • "Team": (Opsional) Masukkan nama Anda
      • "Team’s email address": (Opsional) Masukkan email Anda
      • "Language": Pilih bahasa yang anda ingin menerjemahkan ke
      • "Country": Pilih negara untuk bahasa
      • "Charset": Gunakan utf-8
      • "Source code charset": Gunakan utf-8
      • "Plural forms": Ini sedikit lebih rumit. Jika bahasa Anda hanya memiliki satu bentuk jamak bentuk menggunakan: nplurals = 2; plural = n! = 1; Untuk bahasa lain Anda dapat menemukan daftar kemungkinan bentuk jamak di http://translate.sourceforge.net/wiki/l10n/pluralforms
      • "Base Path": Masukkan: ../../../../../
      • "Paths" (Klik tombol "New Item"): Masukkan: . (hanya titik)
      • Tab "Kata kunci"
      • Tambahkan dua baris:
        __ (Dua garis bawah)
        _ngettext
    3. Tekan ok dan menyimpan file di bawah senayan3 \ lib \ lang \ locale \ (YOUR LANGUAGE) \ LC_MESSAGES dengan nama
    messages.po
    
  4. Memulai transalasi
    1. Pertama-tama Anda harus mengambil semua string yang akan diterjemahkan. Pergi ke "Catalog"> "Update from sources" (atau cukup klik tombol ketiga dari kiri di jendela utama)
    2. Sekarang mulai menerjemahkan setiap baris dengan mengkliknya dan memasuki terjemahan di bagian bawah jendela
    3. Setelah selesai pergi ke "File"> "Save" (atau tekan tombol kedua dari kiri)
  5. Menyajikan hasil terjemahan
    1. Buka file \ senayan3 \ lib \ lang \ localisation.php dan pada baris seperti ini di akhir harus diubah/ditambahkan:
CATATAN
add => loan =>
Are You Sure Want to => Loan Limit =>
Authority Files => Location =>
Authority Type => login =>
bibliographic => Lookup Files =>
cant be empty / can not be empty => make sure =>
Call Number => member ID =>
cancel => Member Type =>
circulation => Member Type Name =>
check => Membership =>
checkout (items) => module =>
Code => must be set = cant be empty =>
Collection Type => overdue =>
confirm => (overdue) fines =>
content => Override(Overide) =>
copies = items => pending =>
Credit => PERMITTED =>
data => Place =>
database backup => previous =>
Debit => privileges =>
due date => promote(ed) =>
expired => quick return =>
Expiry Date => Real Name =>
Export XXX Data To CSV format => Reborrow =>
fines => repository =>
Forbidden => Required =>
frequency => reservation =>
gmd => return =>
group => section =>
history => stock take =>
holiday => Subject =>
id => Subject Type =>
image thumbnail => Subscription =>
Import Data to XXX from CSV file => supplier =>
initialize => System Users =>
Inventory Code => template =>
item = copies => transaction =>
Item Code => uncheck =>
label => update =>
Labels => user/user name =>
library automatation (system) => view =>
library members => you =>
list => You are going to edit xxx =>

28.926.9 Setting Barcode

Untuk mendapatkan hasil pencetakan barcode yang bagus, minimal karakter barcode adalah 6, yang bisa terdiri dari angka atau huruf. Hindari *&()%$#@!, kecuali (-).
Beberapa contoh pencetakan barcode:
figure image/bc-8-1.png
Figure 26.15 Figure 26.15 Pencetakan barcode koleksi
figure image/bc-8-2.png
Figure 26.16 Figure 26.16 Pencetakan barcode di menu Systems
figure image/bc-8-3.png
Figure 26.17 Figure 26.17 Pencetakan barcode di Kartu anggota
*) pada kartu anggota, panjang nama anggota akan mengakibatkan ID, Nama dan Tipe Anggota menjadi turun (merusak tampilan). Untuk mengatasi hal ini, sesuaikan panjang nama anggotanya dan panjang kartu anggota.

28.1026.10 Merubah Template OPAC

Untuk mendapatkan tampilan yang berbeda dari tampilan standar OPAC pengguna dapat melakukan perubahan pada template yang telah disediakan di dalam distribusi SLiMS. Berikut adalah tampilan standar SLiMS
figure image/template_default.png
Figure 26.18 Figure 26.18 Template Standar SLiMS
Isi dari tampilan di atas dapat dilihat di dalam folder /template/default.
Gambar-gambar yang berada pada template yang ditampilkan di atas, semuanya terdapat di dalam folder /template/default/media. Semua komponen gambar yang ada seperti logo, gambar latar tinggal diganti menggunakan logo dan gambar latar yang Anda inginkan.
Harap diingat, bahwa penamaan file gambar latar atau logo yang baru harus sama dengan nama file gambar latar atau logo sebelumnya. Apabila Anda tidak melakukan perubahan nama untuk file logo, gambar latar dan lainnya, yang harus Anda lakukan adalah menyunting file style.css yang folder /template/default. Rubah bagian-bagian yang mengindikasikan nama-nama file logo, gambar latar dan lainnya.

28.1126.11 Mengaktifkan Apache dan MySQL pada psenayan sebagai service otomatis di Microsoft Windows

Apache web server dan basisdata MySQL pada portable senayan yang digunakan oleh sistem operasi Microsoft Windows dapat dijalankan secara otomatis, tanpa harus mengaktifkan file apache_start.bat dan mysql_start.bat secara manual, dengan cara membuat kedua file tersebut menjadi service.
Kita mulai dengan membuka command prompt pada Windows. Untuk menjadikan Apache web server sebagai service, pastikan kita sudah berada dalam direktori psenayan. Masukkan perintah:
\psenayan\apache\bin\httpd.exe -k install -n Apache2.2
Sebagai contoh, apabila psenayan kita letakkan pada drive D:, maka perintahnya adalah:
D:\psenayan\apache\bin> httpd.exe -k install -n Apache2.2 
Perintah di atas menjadikan Apache web server termula secara otomatis ketika Windows dinyalakan.
Setelah Apache web server, langkah berikutnya adalah mengatur database MySQL pada portable senayan sebagai service. Sama seperti proses sebelumnya, pastikan kita sudah berada dalam direktori psenayan. Masukkan perintah:
<nama direktori>:\psenayan\mysql\bin\mysqld.exe –install
Sebagai contoh, apabila psenayan kita letakkan pada drive D:, maka perintahnya adalah:
D:\psenayan\mysql\bin> mysqld.exe --install
Perintah di atas telah mengaktifkan MySQL sebagai service. Langkah selanjutnya adalah dengan mengubah beberapa bagian pada file my.ini yang terletak dalam direktori psenayan\mysql. Kita harus merubah basedir serta datadir yang ada. Bagian tersebut adalah:
# set basedir to your installation path 
basedir=/psenayan/mysql 
# set datadir to the location of your data directory 
datadir=/psenayan/mysql/data




Yang harus dirubah adalah penambahan direktori tempat psenayan disimpan pada basedir dan datadir. Karena pada contoh kita menempatkan direktori psenayan pada drive D:, maka bentuk perubahannya:
# set basedir to your installation path 
basedir=D:/psenayan/mysql 
# set datadir to the location of your data directory 
datadir=D:/psenayan/mysql/data
Simpan dan mula ulang komputer Anda. Apabila dalam proses tidak ada kesalahan, maka psenayan langsung bisa digunakan tanpa harus mengaktifkan file apache_start.bat dan mysql_start.bat lagi.

28.1226.12 Menonaktifkan service Apache dan MySQL pada psenayan di Microsoft Windows

Karena satu dan lain hal, mungkin ada kalanya kita ingin menghapus layanan otomatis yang telah kita atur. Untuk itu, apabila kita ingin menghapus layanan Apache maka, pertama-tama, pastikan kita sudah berada pada direktori tempat service Apache berada
D:\psenayan\apache\bin> htppd.exe -k uninstall -n Apache2.2
sedangkan apabila kita ingin menghapus layanan MySQL, sama seperti layanan Apache, pastikan kita sudah berada pada direktory tempat service MySQL berada
D:\psenayan\apache\bin> mysqld.exe --remove

28.1326.13 Jika Kehilangan Password admin pada aplikasi Senayan

Jika pustakawan lupa password admin pada aplikasi Senayan, maka jalan keluarnya adalah merubah ulang password admin melalui database mysql. Langkahnya adalah sebagai berikut:
figure image/ubah-pass1.png
Figure 26.19 Figure 26.19 Daftar Username
figure image/ubah-pass2.png
Figure 26.20 Figure 26.20 Password Terenkripsi
figure image/ubah-pass3.png
Figure 26.21 Figure 26.21 Mengubah password dan merubah function ke MD5
figure image/ubah-pass4.png
Figure 26.22 Figure 26.22 Selesai Merubah Password

28.1426.14 Menambah jenis ekstensi file yang dapat diunggah pada lampiran bibliografi

Ketika mengisi data bibliografi, akan ditemukan fasilitas untuk mengunggah file gambar dan file attachment (lampiran). File gambar ada bermacam-macam, demikian pula file dokumen yang akan diunggah.
JIka anda mengunggah file dan gagal, salah satu kemungkinan (ingat hanya salah satu kemungkinan) adalah ekstensi dokumen/file anda tidak diijinkan diunggah. Misalnya, file berekstensi .WAV. Maka anda bisa melakukan penambahan ekstensi ini agar dapat diunggah.
$sysconf[’max_image_upload’] = 500; // allowed image file to upload $sysconf[’allowed_images’] = array(’.jpeg’, ’.jpg’, ’.gif’, ’.png’, ’.JPEG’, ’.JPG’, ’.GIF’, ’.PNG’); // allowed file attachment to upload $sysconf[’allowed_file_att’] = array(’.pdf’, ’.rtf’, ’.txt’, ’.odt’, ’.odp’, ’.ods’, ’.doc’, ’.xls’, ’.ppt’, ’.avi’, ’.mpeg’, ’.mp4’, ’.flv’, ’.mvk’, ’.jpg’, ’.jpeg’, ’.png’, ’.gif’, ’.ogg’, ’.mp3’);
Anda dapat menambahkan jenis file yang anda maksudkan dalam kode di atas.
Ekstensi file yang tertulis di sini bersifat case sensitif, jadi .mp3 akan berbeda dengan .MP3. Jika dalam sysconfig diijinkan .jpg, dan file anda .JPG maka proses unggah tidak akan berhasil.
Catatan: kegagalan proses unggah juga dipengaruhi oleh hak akses folder image dan repository. Pastikan kedua folder tersebut (jika menggunakan Linux) hak aksesnya 777.

28.1526.15 Mensetting Email server

Dalam Senayan3-stable15 terdapat fitur baru untuk mengirimkan email peringatan/tagihan pada peminjam yang terlambat mengembalikan. Penggunaan fitur ini membutuhkan akun Google/Gmail, karena akan menggunakan fasilitas smpt dari gmail. Seting yang dibutuhkan adalah sebagaimana gambar dibawah ini:
figure image/tips-syscon-email.png
Figure 26.23 Figure 26.23 Seting Email di sysconfig.inc.php
Seting diatas ada dalam file sysconfig.inc.php. Atau jika anda mau, anda bisa mengcopy setingan Mailing Setting ini ke sysconfig.local.inc.php.
Bagaimana penggunaannya? Penggunaan fitur email ini ada pada menu Sirkulasi. Ketika memulai sirkulasi (ID anggota dimasukkan), jika anggota tersebut mempunyai pinjaman yang terlambat, maka tampilan yang muncul adalah sebagai berikut:
figure image/tips-email klik.png
Figure 26.24 Figure 26.24 Fitur Kirim email di Sirkulasi
Kirim email dengan mengklik "Kirim surel tentang informasi keterlambatan", jika berhasil maka akan ada tampilan/tulisan tambahan diatasnya sebagaimana gambar berikut:
figure image/tips-email kirim.png
Figure 26.25 Figure 26.25 Email terkirim
Selain di menu Mulai Sirkulasi, kita juga dapat menggunakan fitur kirim email ini lewat menu "Keterlambatan", baik yang ada pada Modul Sirkulasi maupun Pelaporan. Untuk mengirimkan email, cukup klik "Send Notification E-mail" pada tiap-tiap anggota yang dikehendaki.
figure image/tips-terlambat.png
Figure 26.26 Figure 26.26 Kirim email lewat daftar terlambat
Jika anggota perpustakaan membuka emailnya, maka akan ditemukan email yang dikirimkan lewat sistem SLiMS tersebut. Contoh gambarnya adalah sebagai berikut:
figure image/tips-email terima.png
Figure 26.27 Figure 26.27 List email di Inbox
figure image/tips-email buka.png
Figure 26.28 Figure 26.28 Tampilan Email yang diterima

28.1626.16 Menambah Captcha

Mulai Senayan3-Stable15 (Matoa), ada penambahan fasilitas pengamanan login pada login pustakawan dan member.
Captcha ini ada dua, untuk Librarian Login dan untuk Member Login. Untuk mengaktifkan captcha tersebut, perlu diseting pada file sysconfig.inc.php.
figure image/tips-cap-con.png
Figure 26.29 Figure 26.29 Setting Captcha Login Pustakawan
figure image/tips-cap-mem.png
Figure 26.30 Figure 26.30 Setting Captcha Member Login
Untuk mengaktifkan, cukup diganti false menjadi true. Maka ketika login akan menemukan tampilan sebagai berikut:
figure image/tips-login-con.png
Figure 26.31 Figure 26.31 Tampilan Login Pustakawan dengan Captcha
figure image/tips-login-mem.png
Figure 26.32 Figure 26.32 Tampilan Login Member dengan Captcha

28.1726.17 Menambah Server Z.39.50

Mulai Senayan3-stable15 (Matoa), pengguna SLiMS dimudahkan jika ingin menambahkan tujuan z.39.50 baru. Syarat penggunaan z39.50 adalah terhubung ke internet, dan port yang dibutuhkan terbuka. Sebagaimana diketahui, sebelumnya z39.50 di SLiMS hanya menuju ke Library of Congress Amerika. Bagaimana menambahkannya?
  1. Buka situs http://irspy.indexdata.com/, pada situs ini anda dapat menemukan berbagai alamat perpustakaan yang menyediakan server z39.50 untuk saling menukar data. Alamat tersebut dikumpulkan berdasar abjad. Alamat yang akan digunakan adalah perpaduan antara Host, Port dan DB. Misalnya, pada web di atas ada Abertay Dundee University, dibaris yang sama diikuti dengan keterangan Host=catalogue.abertay.ac.uk, Port=10790 dan DB= Voyager. Maka alamat yang nanti kita masukkan dalam setting adalah: catalogue.abertay.ac.uk:10790/Voyager
  2. Buka file sysconfig.local.inc.php, kemudian tambahkan code berikut:
    $sysconf[’z3950_max_result’] = 50;
    $sysconf[’z3950_source’][1] = array(’uri’ => ’z3950.loc.gov:7090/voyager’, ’name’ => ’Library of Congress Voyager’);
    Dua baris kode diatas anda dapat memperoleh dengan copy-paste dari file sysconfig.inc.php pada baris 321 dan 322. Baris pertama merupakan pengaturan jumlah record ditampilkan per halaman, sedang baris kedua adalah pengaturan alamat server z39.50.
    Setelah itu, tambahkan baris baru (dibawahnya) yang memuat identitas server tujuan z39.50 yang baru, sebagaimana contoh pada nomor 1 di atas (Perpustakaan Abertay Dundee University)
    $sysconf[’z3950_source’][2] = array(’uri’ => ’catalogue.abertay.ac.uk:10790/Voyager’, ’name’ => ’Abertay Dundee University’);
  3. Selesai, Simpan dan cek di bagian Bibliografi, z39.50 server.
  4. Catatan: port yang disyaratkan oleh server z39.50 harus dibuka. Misalnya pada contoh di atas adalah port 10790, untuk bagian ini jika mengalami kesulitas silakan hubungi administrator jaringan di perpustakaan anda.